sebelum pandemi COVID-19 menyebar di dunia, pemerintah telah menyusun dokumen “Visi Indonesia 2045” yang memperkirakan Indonesia bisa keluar dari MIT pada 2036 sampai 2038 apabila pertumbuhan ekonomi mencapai rata-rata 5,7 persen per tahun sepanjang
Jakarta (ANTARA) - Indonesia bisa keluar dari perangkap pendapatan menengah (middle income trap/MIT) pada 2036, jika pandemi COVID-19 tidak menyebar pada 2020, kata Deputi Bidang Ekonomi Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas Amalia Adininggar.

Menurutnya, sebelum pandemi COVID-19 menyebar di dunia, pemerintah telah menyusun dokumen “Visi Indonesia 2045” yang memperkirakan Indonesia bisa keluar dari MIT pada 2036 sampai 2038 apabila pertumbuhan ekonomi mencapai rata-rata 5,7 persen per tahun sepanjang 2015 sampai 2045.

“Tentunya dunia sudah berubah. Dampak COVID-19 memberi tekanan luar biasa kepada perekonomian, tidak hanya aspek ekonomi, tapi juga sosial dan lingkungan,” kata Amalia dalam webinar bertajuk “50 Tahun Nalar Ajar Terusan Budi” di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Ekonomi RI perlu tumbuh 6 persen agar keluar dari perangkap

Amelia mengatakan pandemi COVID-19 membuat Indonesia harus melakukan redesain transformasi ekonomi agar bisa kembali ke level pertumbuhan ekonomi yang direncanakan. Pandemi COVID-19 tidak hanya membuat pertumbuhan Indonesia pada 2020 terkontraksi, tetapi juga menurunkan tingkat kesejahteraan penduduk.

“Status Indonesia kembali menjadi negara berpendapatan menengah ke bawah berdasarkan pengumuman Bank Dunia pada Juli 2021, di mana Indonesia pada tahun 2019 baru naik statusnya menjadi negara upper middle income,” imbuhnya.

Baca juga: OJK: Pertumbuhan ekonomi 7 persen di kuartal II dapat tercapai

Pandemi COVID-19 juga menyebabkan pengentasan kemiskinan tersendat dan ketimpangan semakin meningkat. Di samping itu, sebanyak 4,6 juta orang kembali bekerja di sektor informal dengan produktivitas rendah.

“Kalau belajar dari krisis yang lalu, 4,6 juta orang yang masuk ke sektor pertanian saat krisis 1998 ternyata membutuhkan waktu 10 tahun untuk kembali ke tingkat sebelum krisis,” kata Amalia.

Untuk mengatasi persoalan yang ditimbulkan, Indonesia perlu melakukan perubahan fundamental dengan melakukan redesain transformasi ekonomi. Transformasi ekonomi selanjutnya perlu dilaksanakan secara konsisten agar target Indonesia menjadi negara maju pada 2045 bisa tercapai.

Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021