Para pemenang yang diberikan 'award' sudah menunjukkan 'performance' yang memang luar biasa bagus
Jakarta (ANTARA) - PT Pupuk Indonesia (Persero) dinobatkan oleh Majalah SWA sebagai salah satu dari 15 perusahaan, yang masuk dalam program Indonesia Best Business Transformation 2021.

Anggota Dewan Juri Indonesia Best Business Transformation 2021 Toto Pranoto dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Rabu, mengatakan bahwa seluruh perusahaan yang mendapat penghargaan berhasil menyesuaikan atau bertransformasi pada era pandemi dan digitalisasi.

Menurut dia, pandemi COVID-19 dan digitalisasi merupakan disrupsi yang berhasil meluluhlantakkan bisnis baik di Indonesia maupun global.

"Saya kira sejumlah perusahaan di Indonesia sudah menyesuaikan dengan kondisi itu. Jadi, mereka segera melakukan pembinaan dan juga melakukan transformasi. Mereka menciptakan inovasi baru dan mindset konsumen lewat konten produk dan juga pemasaran digital yang dilaksanakan," kata Toto dalam acara webinar "Indonesia Best Business Transformation 2021: Rahasia Sukses Transformasi Bisnis di Era Disrupsi".

Gelaran acara ini merupakan bentuk apresiasi terhadap perusahaan-perusahaan di Indonesia yang berhasil melakukan transformasi bisnis di tengah turbulensi bisnis yang ekstrem.

Toto mengatakan proses penilaian dilakukan pada 27-29 April 2021 secara virtual. Masing-masing perusahaan mempresentasikan program transformasi bisnis yang digagasnya.

Dosen FEB UI sekaligus Associate Partner BUMN Research Group LM FEB UI ini mengatakan perusahaan yang terlibat dalam program Indonesia Best Business Transformation 2021 ini mulai dari lingkup BUMN, BUMD, swasta nasional, maupun perusahaan penanaman modal asing (PMA).

Para juri, dikatakan Toto, mengatakan bahwa ada beberapa kriteria penilaian yang dilakukan, antara lain seperti identifikasi masalah dalam transformasi, desain program dan aksi transformasi, kemudian eksekusi program, dan yang penting adalah hasil yang dicapai dari proses transformasi tersebut.

Dari penilaian dewan juri, Toto menjelaskan bahwa para perusahaan peserta Indonesia Best Business Transformation 2021 telah benar dan cukup lugas dalam menjalankan program transformasi khususnya di era pandemi dan digitalisasi. Para perusahaan juga memiliki fokus pada core business dengan menciptakan ide dan inovasi pada setiap konten produk.

Tidak hanya itu, para perusahaan juga telah memanfaatkan digital sebagai infrastruktur memasarkan konten produk. Lalu, para perusahaan peserta juga telah berani melakukan perubahan budaya organisasi ke arah yang lebih baik.

"Jadi para pemenang yang diberikan award sudah menunjukkan performance yang memang luar biasa bagus. Atas nama dewan juri selamat kepada pemenang. Mudah-mudahan ini memberikan inspirasi bagi banyak perusahaan lain di Indonesia untuk melakukan transformasi dengan baik ke depannya," katanya.

Sementara itu, Direktur Transformasi Bisnis Pupuk Indonesia Panji Winanteya Ruky menyatakan bahwa saat ini perusahaan tengah menjalankan program transformasi bisnis sesuai arahan Kementerian BUMN.

Adapun transformasi yang paling strategis adalah sentralisasi holding pada tahun 2021, yang bertujuan untuk menyelaraskan fungsi strategis di anak perusahaan seperti pemasaran, penjualan, keuangan, pengadaan, teknologi informasi, kebijakan SDM, riset dan sebagainya.

"Dalam program transformasi bisnis, kami menetapkan lima inisiatif strategis, yaitu menjadi perusahaan penyedia nutrisi tanaman yang lebih customer-centric melalui riset dan pemasaran yang terintegrasi, meningkatkan kehandalan operasi, digitalisasi rantai pasok, optimalisasi pasokan bahan baku, serta meningkatkan pendapatan melalui circular economy," ujar Panji.

Baca juga: Pupuk Indonesia terus bertransformasi peringati Satu Tahun AKHLAK
Baca juga: Dirut Pupuk Indonesia raih Best CEO Award 2021 kategori Petrochemical
Baca juga: Pupuk Indonesia raih penghargaan dalam ajang AKHLAK Award 2021

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2021