Puskesmas di Jakarta Timur beri tenaga kesehatan vaksin "booster"

id Puskesmas Kecamatan Kramat Jati,Ciracas,Kramat Jati,Vaksin booster,Vaksinasi COVID-19

Puskesmas di Jakarta Timur beri tenaga kesehatan vaksin "booster"

Vaksinator menyiapkan vaksin Moderna untuk dosis ketiga atau booster bagi tenaga kesehatan di RSUD Matraman, Jakarta Timur, Jumat (6/8/2021). Pemerintah menargetkan pemberian dosis ketiga kepada tenaga kesehatan rampung pada pekan kedua Agustus 2021. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/aww.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah Puskesmas di wilayah Jakarta Timur mulai melakukan penyuntikan dosis ketiga vaksin COVID-19 atau vaksin "booster" yang ditujukan bagi tenaga kesehatan.

Penyuntikan vaksin COVID-19 dosis ketiga itu salah satunya diadakan di Puskesmas Kecamatan Kramat Jati.

Baca juga: Sudin Kesehatan Jaktim mulai vaksin "booster" tenaga medis pekan ini

Kepala Puskesmas Kecamatan Kramat Jati Inda Mutiara di Jakarta, Jumat, mengatakan pada hari pertama ada 70 tenaga kesehatan yang disuntik vaksin ketiga.

"Untuk hari pertama ini ada 70 nakes, jadi kurang lebih ada lima vial yang akan disuntikkan. Tentunya kalau dosis tiga nakes yang akan disuntik ini harus sudah lengkap dosis satu dan dua," kata Inda.

Baca juga: Peserta "Vaksin Merdeka" hari kelima capai 85.000 orang

Inda Mutiara mengatakan bahwa pemberian dosis ketiga vaksin COVID-19 itu bertujuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh tenaga kesehatan yang bertugas di garda terdepan penanganan COVID-19.

Inda melanjutkan bahwa para tenaga kesehatan sebelumnya juga dilakukan pemeriksaan kesehatan, meliputi tensi hingga riwayat pernah terpapar COVID-19 dalam tiga bulan terakhir.

"Nakes yang shift malam kami upayakan divaksin setelah mereka bertugas. Nakes yang ikut hari ini kebanyakan yang bertugasnya di hari reguler, jadi Sabtu mereka libur. Setelah divaksin mereka bisa istirahat," ujar Inda Mutiara.

Baca juga: 206 warga antusias ikuti Vaksin Merdeka di kawasan Kalideres

Penyuntikan vaksin COVID-19 dosis ketiga juga dilakukan di Puskesmas Kecamatan Ciracas yang pada hari pertama telah memberikan kepada 42 tenaga kesehatan.

"Target penerima vaksin booster masih kami data, karena kan ada kriterianya, Petugas berdasarkan zona, jarak dosis 3 dengan dosis 2 sudah 3 bulan. Dan penyintas COVID-19 di atas 3 bulan, serta sedang sehat," kata Kepala Puskemas Kecamatan Ciracas Santayana.

Pewarta : Yogi Rachman
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar