Dosen Unimed Surya Dharma, S.Pd menemukan satwa tersebut di halaman rumahnya dalam kondisi lemas
Medan (ANTARA) - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menerima penyerahan satu ekor elang bondol (Haliastur Indus) dari salah seorang dosen Universitas Negeri Medan (Unimed).

Humas BBKSDA Sumut Andoko Hidayat, di Medan, Jumat (6/8) malam ketika dikonfirmasi membenarkan akademisi dari Unimed Surya Dharma, S.Pd memberikan seekor satwa yang dilindungi itu.

Ia menjelaskan berdasarkan informasi yang dihimpun bahwa pada hari Jumat (30/7) 2021 dosen Unimed tersebut menemukan satwa tersebut di halaman rumahnya dalam kondisi lemas.

Kemudian rasa kepeduliannya pada satwa menggerakkan hatinya untuk mencari informasi terkait dengan status perlindungan satwa tersebut kepada rekannya sesama dosen.

"Namun akhirnya kabar baik dari salah seorang dosen, yaitu Melinda Suriani Harefa, yang merupakan salah satu kader konservasi binaan Balai Besar KSDA Sumut," katanya.

Menurut dia Melinda menyampaikan bahwa satwa tersebut merupakan salah satu jenis satwa yang dilindungi dan menyarankan agar satwa itu diserahkan kepada BBKSDA Sumut.

"Saat ini elang bondol dititipkan di Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara untuk direhabilitasi hingga dinyatakan siap untuk dilepasliarkan ke habitatnya," demikian Andoko Hidayat.

Baca juga: Walhi Sumut: lindungi satwa elang bondol

Baca juga: Anakan Elang Bondol dibanderol Rp4 juta di pasar gelap

Baca juga: JAAN: Elang Bondol di Kepulauan Seribu tersisa 18 ekor

Baca juga: Perburuan elang laut di Langkat harus dihentikan

 

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021