Dallas, Texas (ANTARA News) - Perusahaan jasa telekomunikasi di Amerika Serikat (AS), AT&T, mengeluarkan BlackBerry Torch 9800 bersistem operasi (operating system/OS) Windows Phone 7 berwarna merah dan putih dalam paket penjualan khusus liburan mulai 7 November 2010 seharga 199,99 dolar AS.

AT&T mengumumkan, sehari setelah peluncuran BlackBerry Torch 9800, perusahaan tersebut akan mengedarkan pula versi terbaru Windows Phone 7 untuk perangkat HTC Surround, LG Quantum dan Samsung Focus yang masing-masing juga dibanderol seharga 199,99 dolar AS untuk harga paket di Negeri Paman Sam itu.

Salah satu perusahaan berbasis telekomunikasi dan komunikasi yang relatif sukses di bursa Wallstreet itu menyatakan, harga yang dipatok untuk semua gadget telepon cerdas berbasis OS Windows Phone 7 tersebut untuk layanan kontrak selama dua tahun masa langganan. AT&T juga menerapkan sistem layanan per zona wilayah, sehingga fungsi mobile broadband atau generasi ketiga (3G) tidak berlaku di semua wilayah.

BlackBerry Torch 9800 merupakan produk Research In Motion (RIM) di Kanada yang pertama kali menggunakan teknologi layar sentuh dan geser (sliding), dan AT&T menjadi salah satu mitra resmi untuk paket penjualannya di wilayah Amerika Utara (AS dan Kanada), selain sejumlah negara lain.

Untuk edisi perdana, RIM mengeluarkan BlackBerry Torch 9800 menerapkan OS versi 6 besutan mandiri dan didominasi warna hitam berbingkai logam mengkilap. Perangkat tersebut mengandalkan kamera 5 mega piksel (MP), memori eksternal hingga 32 GB, dan kekuatan baterai hingga 5,8 jam waktu percakapan.

Seperti produk-produk keluaran RIM sebelumnya, BlackBerry Torch 9800 mengandalkan teknologi kecepatan akses ke Internet dan jejaring sosial, dan server email khususnya, sehingga disebut fully loaded. (*)

Penerjemah: Priyambodo RH
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010