Jujur, saya sangat senang dengan kesempatan dari KTM ini
Jakarta (ANTARA) - Bintang tim Moto2 Red Bull KTM Ajo Raul Fernandez akan naik kasta ke kelas MotoGP tahun depan menyusul rekan satu timnya saat ini, Remy Gardner, di tim Tech3 KTM Factory Racing, demikian KTM mengonfirmasi pada Sabtu.

Pebalap Spanyol itu, bersama Gardner asal Australia, telah mendominasi persaingan kelas intermediate musim ini. Ia menghuni peringkat dua klasemen di belakang Gardner hingga tengah musim jelang Grand Prix Styria di Austria.

Dengan dua kemenangan dan empat podium selama dua musim di Moto3 dan tiga kemenangan di Moto2 tahun ini, Fernandez yang berusia 20 tahun itu telah meyakinkan KTM untuk mengorbitkan dia ke kelas premier menunggangi motor RC16 tahun depan.

Baca juga: Fernandez juarai GP Belanda, Pertamina Mandalika raih poin ganda

Dengan demikian jajaran pebalap KTM untuk 2022 telah komplit di saat Brad Binder dan Miguel Oliveira meneruskan perjuangannya berseragam tim Red Bull KTM Factory Racing dan tim Tech3 KTM Factory Racing diperkuat duet rookie, Raul Fernandez dan Remy Gardner.

Kontrak dengan sang pebalap Spanyol juga berarti duet pebalap tim Tech3 saat ini, Iker Lecuona dan Danilo Petrucci bukan hanya terdepak dari tim namun juga terancam tak mendapat bangku untuk MotoGP musim depan.

"Jujur, saya sangat senang dengan kesempatan dari KTM ini," kata Fernandez di laman resmi KTM.

"Saya telah belajar banyak dan menikmati Moto2 dan mampu meraih posisi di mana saya memiliki kesempatan ini untuk memasuki MotoGP yang mana sangat saya syukuri. Tiba di kelas ini adalah mimpi dari setiap pebalap," kata Fernandez yang baru menjalani musim pertamanya di kelas Moto2 itu.

"Sekarang, hal terpenting adalah untuk tetap fokus pada musim ini dan mengerahkan segala yang saya miliki hingga balapan terakhir untuk mencoba bertarung di kejuaraan ini.

Baca juga: Moto2 Jerman: Gardner cetak sejarah hattrick kemenangan

"Jika itu tidak berhasil maka tidak apa-apa, ada hikmah dari setiap hal, dan Anda harus melihat ke sisi positifnya.

"Saya telah menjadi rookie tahun ini dan saya ingin menutup babak ini dan mulai lagi untuk 2022 di mana saya akan membiasakan diri dengan motor dan mencoba untuk menikmatinya," kata Fernandez.

Direktur KTM Motorsport Pit Beirer melihat talenta luar biasa yang dimiliki Fernandez sejak sang pebalap menimba ilmu di Akademi KTM GP, turun di Red Bull MotoGP Rookies Cup, Moto3 dan Moto2 hingga memberinya bangku ke MotoGP.

"Kami tahu Raul talenta yang luar biasa... dia telah berulang kali menunjukkan bahwa dia adalah pebalap yang sempurna di atas motor yang lebih besar, itu pikiran dan harapan pertama kami karena dia cukup tinggi untuk Moto3.

"Menuju ke MotoGP begitu cepatnya bukanlah rencana awal tapi dia telah menunjukkan dia memiliki potensi," kata Beirer.

"Jajaran pebalap Moto2 saat ini dengan Remy adalah seperti tim impian, jadi memboyong keduanya ke kelas premier membuat itu sangat kuat dan berarti kami sekarang memiliki pebalap untuk MotoGP yang datang dari sistem kami."

Baca juga: Bagnaia tercepat di FP3 GP Styria, seluruh wakil KTM ke Q1

 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021