Rafael Nadal adu cepat pulihkan kebugaran jelang US Open

id rafael nadal,tenis,us open,canadian open

Rafael Nadal adu cepat pulihkan kebugaran jelang US Open

Petenis Rafael Nadal asal Spanyol melakukan servis ke arah lawannya petenis Alexander Zverev asal Jerman pada babak perempatfinal Kejuaraan Tenis Italia Terbuka di Foro Italico, Roma, Italia, Jumat (14/5/2021) waktu setempat. Juara sembilan kali Rafael Nadal menundukan Alexander Zverev dua set langsung 6-3, 6-4 dan melaju ke babak semifinal. ANTARA FOTO/REUTERS/Guglielmo Mangiapane/wsj.

Jakarta (ANTARA) - Rafael Nadal tengah beradu cepat untuk memulihkan kebugarannya jelas US Open dengan tampil di turnamen pemanasan kelas Masters 1000, Canadian Open, di Toronto, setelah kondisinya mencegah ia tampil di Wimbledon maupun Olimpiade Tokyo 2020.

Sebelumnya pada Kamis (5/8) Nadal secara mengejutkan tersingkir di putaran ketiga turnamen Washington Open, yang jadi penampilan kompetisi pertamanya sejak kekalahan di semifinal Roland Garos.

Petenis Spanyol itu mengaku masih mengalami masalah di kaki kirinya, yang turut mengganjal penampilannya di Washington.

"Ini adalah bulan-bulan yang berat bagi saya dalam hal masalah fisik," kata Nadal dilansir Reuters, Senin dini hari WIB.

Baca juga: Deretan petenis top dunia yang mundur dari Olimpiade Tokyo

"Saya sadar belum mencapai kondisi puncak, tetapi rasanya sudah bisa berlatih lebih baik ketimbang saat tampil di Washington, jadi saya tak sabar tampil di turnamen ini dan bisa bermain lebih baik dibanding sebelumnya," ujarnya menambahkan.

Ia mengaku cedera kambuhan di kakinya sudah berlangsung sejak 2005 dan kembali muncul di Roland Garros, di mana ia kalah melawan Novak Djokovic di semifinal sebelum memutuskan absen dari dua ajang besar berikutnya.

"Terkadang situasinya memburuk dan kadang kali membaik," katanya.

Baca juga: Rafael Nadal akan tampil dalam turnamen ATP Washington

"Setelah Paris, kaki saya tidak langsung pulih. Saya dilanda rasa sakit berminggu-minggu hingga tak bisa berlatih. Hampir 20 hari saya tak menyentuh raket sama sekali, berharap bisa pulih," ujar Nadal melengkapi.

Canadian Open akan mulai bergulir pada Senin waktu setempat dan Nadal sebagai unggulan kedua --di bawah Danill Medvedev-- akan memasuki turnamen dari putaran kedua.

Ia berharap bisa merasakan kemenangan lagi sebelum bertarung di US Open yang dijadwalkan berlangsung 30 Agustus s.d. 12 September nanti, tetapi fokus utamanya adalah memastikan kondisinya kakinya baik.

"Saya harus menemukan kembali perasaan positif dari kaki saya," kata pemilik 20 gelar Grand Slam itu.

Baca juga: Nadal disingkirkan petenis Afsel Harris pada ATP Washington

"Setidaknya saya harus melewati beberapa pekan dengan sedikit rasa sakit agar menemukan kepercayaan diri dalam pergerakan, meyakini bisa tampil dan bersaing untuk waktu panjang ... itu yang saya cari dari turnamen ini," tutupnya.

Nadal merupakan juara bertahan tunggal putra Canadian Open 2019 sebelum turnamen itu absen tahun lalu karena pandemi COVID-19.

Pewarta : Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar