Jakarta (ANTARA) - Marseille bangkit dari ketertinggalan dua gol untuk membekuk tuan rumah Montpellier 3-2 dalam rangkaian laga pekan pembuka Liga Prancis 2021/22 di Stadion Mosson, Prancis, Minggu waktu setempat (Senin WIB).

Sebuah gol bunuh diri Luan Peres setengah jam pertandingan berjalan yang disusul gol Gaetan Laborde membuat Marseille tertinggal 0-2 hingga turun minum.

Namun, gol pemain pinjaman Cengiz Under yang disusul dwigol cepat Dimitri Payet menyokong keberhasilan Marseille berbalik merebut tiga poin, demikian catatan laman resmi Liga Prancis.

Setelah huru-hara internal dengan suporter di tengah musim lalu, Jorge Sampaoli membimbing Marseille dengan harapan musim penuh perdananya membuahkan raihan lebih positif dibandingkan posisi kelima musim lalu.

Intensi itu tampak lewat penampilan agresif sejak awal laga dikomandoi Under, pemain pinjaman dari AS Roma, tetapi serangan-serangan Marseille belum membuahkan hasil.

Baca juga: Marseille resmi merekrut pemain Brazil Luan Peres
Baca juga: AS Roma pinjamkan Cengiz Under ke Marseille


Malahan pada menit ke-30, Montpellier mampu mencuri keunggulan setelah serangan mereka berujung torehan negatif bagi Peres yang melakoni debutnya bersama Marseille dengan mencetak gol bunuh diri.

Empat menit kemudian, Montpellier melanjutkan terapi kejut mereka terhadap Marseille dengan menggandakan keunggulannya melalui penyelesaian kaki kiri Laborde dalam situasi sepak pojok.

Tertinggal dua gol hingga turun minum, Marseille memasuki babak kedua dengan intensitas permainan lebih tinggi sayang eksekusi tendangan bebas Payet pada menit ke-49 masih bisa diamankan kiper Dimitry Bertaud.

Kerja keras Marseille akhirnya membuahkan hasil saat umpan Konrad De la Fuente bisa diselesaikan dengan sepakan keras Under yang menghujam ke langit-langit gawang tuan rumah mengubah kedudukan jadi 1-2 pada menit ke-68.

Baca juga: Lille awali musim dengan susah payah imbangi Metz 3-3
Baca juga: Clermont pecundangi Bordeaux dalam debutnya di kasta tertinggi Prancis


Marseille lantas menyamakan kedudukan pada menit ke-75 saat eksekusi tendangan bebas Payet berikutnya bersarang ke pojok kanan bawah gawang tak terjangkau Bertaud.

Momentum Marseille berlanjut dan lima menit kemudian mereka menuntaskan lakon kebangkitannya saat Payet mengkonversi umpan Pape Gueye demi mencetak gol keduanya sembari membalikkan keadaan jadi 3-2 atas Montpellier.

Dua peluang muncul pada injury time, tetapi tembakan Matteo Guendouzi untuk Marseille melambung dan sepakan kaki kiri Arnaud Souquet berhasil dihadang barisan pertahanan tim tamu, yang menjaga kemenangan 3-2 hingga peluit bubaran terdengar.

Di pertandingan selanjutnya, kedua tim akan bermain pada Minggu (15/8), saat Marseille menjamu Bordeaux di Velodrome dan Montpellier bertandang ke Augustde-Delaune menghadapi Reims.

Baca juga: Di tengah spekulasi Messi, PSG awali musim dengan taklukkan Troyes 2-1
Baca juga: Liga Prancis 2021/22 dibuka dengan Monaco diimbangi Nantes 1-1

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2021