Jakarta (ANTARA) - Fitur autentikasi dua langkah atau “two way authentication” menjadi langkah yang tepat yang diambil oleh pengguna akun sosial media untuk melindungi keamanan data dan privasi pengguna media sosial.

Dalam keterangan pers Facebook, Senin, autentikasi dua langkah diibaratkan sebagai gembok ekstra pada sebuah rumah agar tidak mudah dibobol oleh pencuri atau pun maling.

Dengan mengaktifkan fitur autentikasi dua langkah tentunya anda bisa meminimalisir potensi peretasan yang dilakukan oleh hacker yang tidak bertanggung jawab.

Facebook pun membagikan langkah untuk mengaktifkan fitur Autentikasi Dua Langkah yang bisa anda terapkan di Facebook, Instagram, maupun WhatsApp anda.
​​
Baca juga: Tips aman lindungi akun medsos

Berikut langkah-langkahnya:

Facebook

- Buka menu pengaturan di aplikasi Facebook, lalu pilih “Keamanan dan Login”.
- Gulirkan ke bawah (scroll), lalu pilih “Gunakan autentikasi dua-faktor” .
- Pilih salah satu dari dua metode keamanan yang dirampilkan yaitu kode login dari aplikasi autentikasi atau kode dari SMS di gawaimu.
-Setelah fitur itu diaktifkan, masukan kode dari Facebook ketika anda melakukan login di perangkat yang berbeda.

Instagram
- Masuk ke profil Instagram lalu pilih pengaturan.
- Pilih “Keamanan” lalu pilih “Autentifikasi Dua-Faktor”.
- Pilih salah satu dari dua metode keamanan yang ditampilkan yaitu kode login dari aplikasi autentikasi atau kode dari SMS di gawaimu.
- Setelah fitur itu diaktifkan, masukan kode dari Facebook ketika anda melakukan login di perangkat yang berbeda.

WhatsApp
- Masuk ke profil WhatsApp, lalu pilih Pengaturan.
- Pilih “Akun” lalu klik “Autentikasi dua-faktor”.
- Aktifkan fitur ini dengan memasukan kode PIN sebanyak 6 digit.
- Setelah autentikasi dua langkah diaktifkan, anda bisa memasukan kode PIN 6 digit ketika login di perangkat yang berbeda.

Khusus untuk pengguna Facebook, anda juga bisa mengecek seberapa kuat langkah anda mengamankan media sosial anda. Fitur ini disebut “Facebook Security Checkup” yang bisa anda lakukan dengan dua langkah.

Pertama anda harus masuk ke Pengaturan di aplikasi Facebook, lalu pilih “Keamanan dan Login”.

Selanjutnya anda tinggal memilih fitur “Periksa Pengaturan Keamanan Penting Anda” untuk melihat langkah apa saja yang sudah anda ambil untuk mengamankan akun Facebook anda.

Selain autentikasi dua arah, anda bisa menjaga privasi di ranah daring dengan cara rajin mengganti kata sandi agar terhindar dari potensi pembobolan akun yang akhir- akhir ini semakin marak dilakukan oleh peretas.

Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama dengan Facebook dan anak usahanya di Indonesia juga telah menyiapkan panduan bernama Panduan Konsumen “Anti-Ribet” untuk menjelaskan masalah keamanan dan privasi di ranah daring.

Baca juga: Vietnam akan perketat kontrol siaran langsung di media sosial

Baca juga: Instagram tambah fitur keamanan untuk pengguna remaja

Baca juga: Bukan cuma foto, lindungi juga unggahan di Stories

 

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021