Jakarta (ANTARA) - Sutradara Ridley Scott akan menerima penghargaan Cartier Glory to the Filmmaker di Festival Film Internasional Venesia ke-78, yang akan dihelat pada 1–11 September 2021.

Mengutip Deadline, Selasa, penghargaan tersebut, yang sebelumnya disponsori oleh Jaeger-LeCoultre, didedikasikan untuk seseorang yang telah memberikan kontribusi orisinal untuk industri film kontemporer.

Upacara penghargaan untuk Scott akan berlangsung pada hari Jumat 10 September 2021 di Sala Grande (Palazzo del Cinema) pukul 21.15 waktu setempat, tepat sebelum pemutaran film barunya, "The Last Duel", yang dibintangi Matt Damon, Adam Driver, Jodie Comer, dan Ben Affleck.

Baca juga: Sutradara "The Revenant" juga nomine di Directors Guild

"Pendekatan pribadinya terhadap film bergenre, yang berhasil mempertemukan persyaratan hiburan, harapan masyarakat umum, dan tuntutan kritikus, adalah elemen paling khas dari pembuatan film Ridley Scott," kata Direktur Festival Film Venesia Alberto Barbera.

"Sepanjang karirnya yang luar biasa dan produktif, yang dihitung hanya dari 30 film yang diselesaikan dengan frekuensi yang menakjubkan, Scott telah menunjukkan kemampuannya untuk menavigasi genre yang paling berbeda dengan mudah, menyuntikkan darah kehidupan baru ke masing-masing dari mereka," imbuhnya.

Ia melanjutkan, "Kelebihannya yang tak terbantahkan termasuk bakat visual yang luar biasa dan selera visual layaknya pelukis yang telah dia tunjukkan dalam penciptaan 'Baroque' yang mewah dan gambar yang megah secara grafis, disertai dengan bakat langka dan tak ternilai untuk mengarahkan aktor."

Adapun saat ini, sutradara "The Gladiator" (2000), "Alien" (1979) dan "Blade Runner" (1982) itu saat ini sedang dalam pasca-produksi di "House Of Gucci" yang dibintangi Lady Gaga, Adam Driver, hingga Jared Leto.

Baca juga: Matt Damon dan Adam Driver adu peran di film "The Last Duel"

Baca juga: Ridley Scott akan buat sekuel film "Gladiator"

Baca juga: Warner Bros rilis trailer sekuel "Blade Runner"

Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021