Jakarta (ANTARA) - Sebagian besar orang tua tentunya merasakan berbagai masalah yang terjadi saat sistem pembelajaran jarak jauh atau sekolah daring dilaksanakan.

Misalnya saja seperti belajar memahami proses baru, memastikan koneksi internet yang lancar, manajemen waktu, bahkan belajar menggunakan laptop dan memastikan performanya sesuai dengan kebutuhan Anda dan anak.

Oleh karena itu orang tua pun harus beradaptasi dan memastikan yang disiapkan sudah sesuai dengan kebutuhan anak. Berikut ini adalah sejumlah tips agar Anda bisa menjadi orang tua cerdas kala mempersiapkan kegiatan belajar di rumah untuk si buah hati, seperti dikutip dari siaran pers Lenovo pada Selasa.

1. Menciptakan ruang belajar sendiri

Memberikan anak ruangan khusus untuk belajar dapat membantu sang anak untuk fokus dan tidak terganggu dengan hal-hal lain. Pastikan ruangan tersebut rapi, tidak berisik, dan cukup terang.

Tanyakan kepada anak apa yang ia inginkan di ruang belajar nya sehingga sang anak lebih betah di ruangan belajarnya.

Anda juga bisa membuat sudut “kantin” yang berisi camilan yang disukai anak Anda yang bisa diambil saat rehat untuk memberikan si buah hati suasana layaknya di sekolah agar semakin semangat belajar.

2. Siapkan jadwal

Menciptakan jadwal akan membantu menciptakan sifat disiplin. Sesuaikan jadwal secara spesifik (terutama jika Anda punya anak lebih dari satu ya!) setelah menilai ritme dan cara belajar masing-masing anak. Ajak mereka untuk memberikan pendapat untuk semakin meningkatkan keberanian mereka mengungkapkan pendapat.

Saat anak sudah disiplin mengikuti jadwal secara teratur, Anda bisa menjadi lebih tenang dan bahkan bisa tidak selalu berada di samping anak.

Baca juga: Topik belajar daring meningkat 450 persen dalam pencarian Google

Baca juga: Suka-duka belajar daring saat pandemi COVID-19


3. Pilih perangkat dengan fitur pendukung belajar anak

Hal penting untuk menunjang kegiatan belajar anak adalah perangkat yang tepat dengan fitur-fitur yang bisa mendukung Anda.

Misalnya saja, Lenovo IdeaPad Slim 3/3i yang terjangkau namun sudah memiliki fitur yang dirancang untuk dapat membantu orang tua saat menemani anak belajar. Mulai dari 5 jutaan, Anda bisa mendapatkan IdeaPad Slim 3/3i ini dengan prosesor Intel atau AMD terbaru yang pas untuk multitasking, layar 14 inci full HD, baterai tahan lama hingga 9 jam, memiliki media penyimpanan hingga 512GB SSD dan memori RAM hingga 8GB, dan pastinya sudah termasuk Microsoft Office Home & Student 2019.

Para orang tua juga akan sangat terbantu dengan Lenovo IdeaPad Slim 3/3i karena memiliki fitur Lenovo Smart Learning melalui Lenovo Aware.

Lenovo Aware adalah software pengingat intuitif dengan fitur “Smart Care” - built-in assistance untuk membantu memberikan ketenangan kepada orang tua saat tidak bisa berada di samping sang anak secara langsung dengan mendeteksi dan mengingatkan postur duduk, jarak pandang, tingkat fokus sang anak saat berada di depan layar untuk belajar.

Fitur ini juga termasuk “Pengingat Istirahat” untuk mendorong anak-anak untuk beristirahat sesuai waktu yang ditentukan. Fitur ini juga dapat memastikan kenyamanan belajar dengan mikrofon smart AI noise-cancelling sehingga bisa berkomunikasi video call dengan suara yang jelas tanpa harus khawatir dengan suara di sekitar.

Fitur yang ada di IdeaPad Slim 3/3i ini juga dilengkapi dengan mode Eye Care” yang melindungi mata anak dari paparan sinar biru laptop.

4. Hubungi guru untuk bertukar pikiran

Karena kondisi jarak jauh ini, Anda harus memiliki hubungan yang lebih erat dengan wali kelas sang anak. Hubungi guru untuk berdiskusi tentang apa yang Anda hadapi dan saling bertukar pikiran untuk memastikan pembelajaran anak tetap efektif.

Baca juga: Tips agar anak tidak bosan belajar daring di rumah

Baca juga: TravelWifi klaim tanpa "blank spot"

Baca juga: PJJ bikin stres? Kenali karakter anak agar belajar lancar

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021