CSIS: Airlangga Hartarto mampu bawa Golkar hadapi beragam tantangan

id Airlangga Hartarto,ketua umum golkar,csis,partai golkar

CSIS: Airlangga Hartarto mampu bawa Golkar hadapi beragam tantangan

Tangkapan Layar Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto (tengah) membacakan pidato bertajuk “Demokrasi, Kebangsaan, dan Kesejahteraan” pada rangkaian peringatan HUT CSIS Indonesia ke-50 sebagaimana disiarkan di kanal resmi CSIS Indonesia di Jakarta, Selasa (10/8/2021). (ANTARA/Genta Tenri Mawangi)

Jakarta (ANTARA) - Salah seorang pendiri Center for Strategic and International Studies (CSIS) Jusuf Wanandi menilai di bawah kepemimpinan Airlangga Hartarto, Partai Golkar mampu menghadapi beragam tantangan dan membawa semangat di internal partai.

"Di tengah tantangan dan perubahan zaman yang begitu besar, Golkar mampu melewatinya. Tidak hanya bersama rakyat, tetapi selalu bisa lebih maju lagi dari sebelumnya," kata Jusuf kepada wartawan di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Airlangga tegaskan komitmen Partai Golkar perkuat demokrasi Indonesia

Mantan Direktur Eksekutif CSIS itu juga berpendapat kepemimpinan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian tersebut tidak hanya mampu memajukan partai, tetapi juga politik di Indonesia. Optimisme tersebut diyakini bisa membuat demokrasi Indonesia semakin kuat.

"Dengan demokrasi yang kuat, bisa membawa kita ke gerbang kemakmuran pada masa mendatang," ujar dia.

Baca juga: Airlangga minta daerah percepat penyerapan anggaran COVID-19

Senada dengan itu, Direktur Eksekutif CSIS, Philips J Vermonte menilai kepemimpinan Airlangga mampu mengafirmasi pengalaman Partai Golkar sebagai partai karya yang memberikan solusi teknokratis.

"Apa yang diharapkan Partai Golkar, serupa dengan CSIS seperti menuju Indonesia maju dan sejahtera pada 2045," kata Philips.

Terakhir, menurut Philips, ada kesamaan fokus yang diperlihatkan Golkar di bawah kepemimpinan Airlangga dengan lembaganya, misalnya fokus pada riset pembangunan manusia, penguatan aspek kesehatan, penerapan "green economy", penguasaan teknologi, hingga penerapan ekonomi inklusif.

Baca juga: Menko Airlangga ungkap strategi pendorong ekonomi triwulan III 2021

Pewarta : Muhammad Zulfikar
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar