Pemkot Jaksel sebar bantuan fasilitas isolasi mandiri dari BPBD DKI

id isoman jakarta

Pemkot Jaksel sebar bantuan fasilitas isolasi mandiri dari BPBD DKI

Kepala Bagian Umum dan Protokol Kantor Wali Kota Jakarta Selatan Habib Asy'ary (kiri) menerima secara simbolis paket bantuan berupa kasur untuk pasien isolasi mandiri di Jakarta Selatan, Selasa (10/8/2021). ANTARA/Sihol Hasugian

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan (Jaksel) menyebar 150 paket berupa kasur bantuan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI untuk mendukung penanganan pasien COVID-19 isolasi mandiri (isoman) di wilayah tersebut.

Kepala Bagian Umum dan Protokol Kantor Wali Kota Jakarta Selatan Habib Asy'ary menuturkan bahwa tambahan tempat tidur tersebut merupakan langkah antisipatif dari pemerintah setempat bila kasus pasien COVID-19 isolasi mandiri meningkat.

"Ini bantuan kasur dari BPBD Provinsi DKI peruntukannya untuk tempat-tempat isolasi mandiri yang nanti ditunjuk, kita tinggal menunggu arahan untuk mendistribusikannya," kata Habib saat menerima bantuan di Kantor Walikota Jakarta Selatan, Selasa.

Dia mengatakan bahwa kasur tersebut nantinya diharapkan dapat memastikan pasien isolasi mandiri mendapat fasilitas yang memadai.

Selain kasur, pihaknya juga akan mendistribusikan sejumlah peralatan isoman lainnya, seperti ember dan kipas angin bagi pasien isolasi mandiri.

Baca juga: Kebutuhan logistik warga isoman di Kramat Jati terjamin

Namun demikian, Habib tak merinci lebih jauh berapa banyak jumlah bantuan yang akan dibagikan.

"Ada ember sama kipas angin juga, tapi untuk pastinya belum bisa kita sampaikan, saat ini kami hanya menyiapkan tempat penampungan sementara. Nanti menunggu petunjuk lebih lanjut dari pimpinan atau kita inventaris ke tempat-tempat di kecamatan semuanya," kata Habib.

Sebelumnya, Kepala Sudin Kesehatan Jakarta Selatan Helmy, menyebutkan bahwa pihaknya tetap menyiapkan tempat isolasi terpusat kendati jumlah kasus COVID-19 mengalami penurunan.

"Isolasi terpusat ada Graha Wisata Ragunan dan LPMP, itu tetap disiapkan namun saat ini masih terpusat di Rusun Pasar Rumput," kata Helmi.

Berdasarkan laman corona.jakarta.go.id, hingga pukul 13.00 WIB jumlah pasien COVID-19 yang sedang menjalani isolasi mandiri di Jakarta Selatan sebanyak 1.581 atau berkurang 116 orang dari hari sebelumnya.

Baca juga: Tren warga DKI Jakarta tak selamat saat isoman kini turun

Pewarta : Sihol Mulatua Hasugian
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar