Timnas Indonesia turun di FIBA 3x3 World Cup U-18 2021

id timnas basket 3x3,FIBA 3x3 World Cup U-18,Perbasi

Timnas Indonesia turun di FIBA 3x3 World Cup U-18 2021

Timnas bola basket Indonesia 3x3 putra dan putri yang akan berlaga dalam FIBA 3x3 World Cup U-18 2021 di Debrecen, Hungaria, 24-29 Agustus. (Dokumentasi Perbasi)

Jakarta (ANTARA) - Tim nasional bola basket Indonesia putra dan putri akan turun dalam ajang FIBA 3x3 World Cup U-18 2021 di Debrecen, Hungaria pada 24-29 Agustus mendatang.

Kepala Bidang Kepelatihan PP Perbasi yang juga team delegate timnas bola basket U-18 Taufik Saleh mengatakan Badan Tim Nasional Junior PP Perbasi telah menentukan empat pemain putra yang akan mewakili Indonesia di 3x3 World Cup U-18. Mereka adalah Rafael Pasha, Franciscus Gerick Fernando, Aaron Nathanael, dan Mikail Jaydra Muhammad.

Sementara itu, timnas 3x3 putri diperkuat Angelica Jennifer Candra, Vanissa Renata Siregar, Syarafina Ayasa Sjahril, dan Margareth Rachel Janna. Kedua tim sudah berlatih sejak 8 Agustus di GMC Basketball Arena, Cirebon, Jawa Barat.

Menurut Taufik, para pemain tersebut terpilih mewakili Indonesia karena mereka sudah terpantau dan lolos kualifikasi serta terverifikasi oleh sistem FIBA 3x3.

Baca juga: Timnas 3x3 putri bawa pulang setumpuk PR dari kualifikasi Olimpiade

“Ini karena pemilihan pemain untuk timnas 3x3 berbeda dengan 5x5. Ada syarat minimum tahun pembuatan paspor, syarat ranking di FIBA 3x3 play, dan lainnya," ujar Taufik dalam siaran pers PP Perbasi, Rabu.

"Di 3x3 juga tidak ada istilah pelatih namun istilahnya team delegate yang bertugas untuk membantu latihan dan mendampingi tim selama training camp (TC) dan berangkat untuk menggali banyak informasi dan pengetahuan di FIBA 3x3 U18 World Cup sehingga dapat bermanfaat untuk perkembangan 3x3 ke depan,” tambah dia.

Dalam keikutsertaan timnas di 3x3 World Cup U-18 kali ini, PP Perbasi tidak menetapkan target yang muluk-muluk selain demi menambah pengalaman bertanding dan jam terbang para pemain di kompetisi level internasional.

“Kami membawa tiga pemain putri U-16 agar mereka semakin kaya pengalaman karena masih bisa ikut timnas U-18 dua tahun mendatang. Salah satunya selain untuk event FIBA 3x3 U-18 berikutnya maupun FIBA Asia U-18 Women's Championships,” tutup Taufik.

Baca juga: FIBA Asia Cup 2021 resmi ditunda karena pandemi COVID-19
Baca juga: Tiga pebasket naturalisasi resmi jadi WNI


Pewarta : Shofi Ayudiana
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar