Kami menargetkan dalam Agustus ini semua nakes di Kota Banda Aceh sudah mendapatkan vaksinasi dosis ketiga
Banda Aceh (ANTARA) - Pemerintah Kota Banda Aceh menargetkan vaksinasi dosis ketiga menggunakan vaksin COVID-19 Moderna untuk tenaga kesehatan (nakes) setempat selesai pada Agustus 2021 ini.

"Kami menargetkan dalam Agustus ini semua nakes di Kota Banda Aceh sudah mendapatkan vaksinasi dosis ketiga," kata Kepala Dinas Kesehatan Banda Aceh Lukman di Banda Aceh, Rabu.

Lukman mengatakan saat ini Kota Banda Aceh mendapatkan 4.760 dosis vaksin Moderna dari Pemerintah Aceh, dan semuanya diperuntukkan bagi nakes yang telah melakukan vaksin dosis satu dan dua Sinovac minimal 3 bulan.

Baca juga: Kabupaten Nagan Raya Aceh terima 1.820 dosis vaksin COVID-19 Moderna

“Nantinya saat petugas menginput data calon penerima vaksin ini, kelihatan datanya. Apabila nakesnya baru dosis pertama dan belum kedua, maka akan ditolak,” ujarnya.

Lukman menegaskan saat ini pihak selain nakes belum dapat diberikan vaksin Moderna. Kemudian, sejauh ini baru 28 nakes yang mendapatkan vaksin dosis ketiga dari 42 orang yang ditargetkan saat pelaksanaan suntikan hari pertama.

“Di aplikasi PCare di sana sudah ada data diri lengkap, kapan dosis pertama dan kedua diberikan, termasuk nakes atau bukan. Nanti sistem akan menolak jika memang tidak berhak mendapatkan vaksin Moderna ini,” kata Lukman.

Baca juga: Banda Aceh prioritaskan penyelesaian vaksinasi dosis kedua

Selama pelaksanaan vaksinasi, kata Lukman, sampai dengan hari ini dilaporkan tidak ada efek samping serius yang ditimbulkan, para tenaga kesehatan itu mengaku tidak merasakan gejala maupun reaksi yang cukup signifikan.

Sementara itu, Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman menyampaikan bahwa akhir-akhir ini banyak nakes yang terkonfirmasi positif COVID-19. Karena itu para nakes perlu kembali menerima vaksin ketiga ini.

Baca juga: Kadinkes: Mahasiswi di Aceh lumpuh usai vaksin diduga psikosomatis

"Kita harapkan dengan pemberian vaksin Moderna ini dapat meningkatkan imun tubuh para tenaga kesehatan di Banda Aceh,” kata Aminullah Usman.

Dalam kesempatan ini, Aminullah juga meminta masyarakat dapat menjalankan prokes secara ketat yakni terus memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi kegiatan yang bersifat mobilisasi sehingga dapat memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

“Banda Aceh mulai hari ini memasuki PPKM level 4, oleh karena itu kita meminta kepada seluruh warga kota untuk lebih waspada, karena saat di level 3 penularannya luar biasa," demikian Aminullah.

Baca juga: Aceh dapat tambahan 38.800 dosis vaksin Sinovac

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021