Jakarta (ANTARA) - Berbagai berita ekonomi yang disiarkan Kantor Berita ANTARA pada Rabu (11/8/2021) menarik perhatian pembaca seperti Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono mengajak negara-negara kawasan meningkatkan kerja sama pemberantasan pencurian ikan​​​ hingga pengusaha optimistis terhadap dampak kebijakan pembukaan mal.

Menteri Trenggono ajak negara regional berantas pencurian ikan

Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono mengajak negara-negara anggota Regional Plan of Action to Combat Illegal, Unreported, and Unregulated Fishing (RPOA-IUU) meningkatkan kerja sama pemberantasan pencurian ikan.

"Perlu kita pertegas bersama bahwa memerangi IUU Fishing (pencurian ikan) dalam berbagai keadaan bukan hanya menjadi tanggung jawab satu negara," kata Menteri Trenggono dalam siaran pers di Jakarta, Rabu.

Baca di sini


Pengelola PIM optimis pembukaan pusat perbelanjaan berdampak positif

Pengelola Pondok Indah Mal (PIM) Jakarta Selatan optimistis kondisi usaha di tempatnya akan bertahan dari pandemi COVID-19 seiring dengan pembukaan pusat perbelanjaan oleh pemerintah pada perpanjangan PPKM Level 4.

Kita seratus persen yakin bahwa kita bisa bertahan, bisa survive. Kami harus optimis, gak boleh pesimis. Karena dengan optimisme kita mendapatkan energi positif, kata HSE Manager Pondok Indah Mal Yudha Pranata saat ditemui di lokasi, Rabu.

Baca di sini


BRI : Porsi kredit UMKM capai 80,62 persen

PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk mencatatkan porsi kredit UMKM terhadap total penyaluran kredit hingga akhir Juni 2021 yang sebesar Rp929,40 triliun mencapai 80,62 persen yakni Rp749,33 triliun.

Direktur Utama BRI Sunarso menyatakan penyaluran kredit UMKM tersebut naik dibandingkan dengan periode sama tahun lalu yang sebesar 78,58 persen.​​​​​​​

Baca di sini
​​​​​​​

​​​​​​​Erick Thohir minta Pertamina tingkatkan produksi migas di Blok Rokan

Menteri BUMN Erick Thohir meminta PT Pertamina (Persero) untuk bisa meningkatkan produksi minyak dan gas bumi (migas) di Blok Rokan, Provinsi Riau, setelah kegiatan alih kelola dari PT Chevron Pacific Indonesia.

Erick Thohir juga mengapresiasi 2.689 pekerja eks Chevron Pacific Indonesia telah resmi bergabung menjadi Pertamina Wira atau Perwira sekaligus keluarga dan energi baru dari Pertamina.​​​​​​​

Baca di sini


Pemerintah bakal renovasi 900 rumah warga jadi homestay di 5 KSPN
​​​​​​​
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun 900 hunian wisata di lima Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) unggulan nonsuper prioritas pada tahun ini.

Pemerintah meyakini bahwa sektor ekonomi utama yang dapat rebound dengan cepat adalah sektor pariwisata. Terkait hal ini, Kementerian PUPR akan merenovasi rumah warga agar layak untuk dijadikan homestay di kawasan wisata sehingga masyarakat setempat bukan hanya jadi penonton, tetapi bisa menikmati kue pariwisata, kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Baca di sini

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2021