Hari ini, ada sekitar 1.500 dosis vaksin yang diberikan jadi mudah-mudahan kerja sama ini dapat meningkatkan 'herd immunity' masyarakat
Jakarta (ANTARA) - Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bekerja sama dengan TNI AL menggelar vaksinasi di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jatim, Kamis.

"Hari ini, Pak Menhub memerintahkan kepada saya untuk vaksinasi bekerja sama dengan TNI AL, yang pertama dilaksanakan di Merak, kali ini di Banyuwangi," kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi, Kamis.

Budi menjelaskan bahwa kegiatan vaksinasi ini diinisiasi Menteri Perhubungan bersama dengan Kepala Staf TNI Angkatan Laut untuk membantu vaksinasi masyarakat maritim. Sebelum di Banyuwangi, acara serupa juga telah digelar di Pelabuhan Merak pada 27 Juli lalu.

"Sasarannya adalah masyarakat di sekitar laut, tempatnya ada empat dermaga yakni Ketapang, Gilimanuk, Merak, dan Bakauheni. Hari ini, ada sekitar 1.500 dosis vaksin yang diberikan jadi mudah-mudahan kerja sama ini dapat meningkatkan herd immunity masyarakat," kata Budi.

Selain TNI AL,vaksinasi di Pelabuhan Ketapang ini juga didukung PT Pelindo III, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), dan PT Jasa Raharja.

Budi berharap jika kegiatan serbuan vaksinasi yang dilakukan di berbagai daerah tersebut dapat membantu memutus rantai penularan COVID-19 dalam rangka menghentikan wabah serta dalam jangka panjang.

"Kegiatan serbuan vaksinasi di Banyuwangi dapat dilakukan secara berkelanjutan dengan jumlah penerima vaksin yang semakin besar agar dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat di Banyuwangi mengingat Banyuwangi adalah salah satu destinasi wisata yang potensial dan juga tempat transit menuju lokasi wisata lainnya seperti Bali, Lombok dan sekitarnya. Mudah-mudahan dapat membantu masyarakat pesisir," ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini yaitu Direktur Utama ASDP Ira Puspadewi, Danpasmar 2 Brigjen TNI (Mar) Ipung Purwadi, dan Sekretaris Daerah Banyuwangi Mujiono.

Baca juga: Kemenhub - Polri gelar vaksinasi di Terminal Tipe A Jatijajar Depok
Baca juga: Kemenhub dan TNI AD gelar vaksinasi di Kabupaten Bogor
Baca juga: Kemenhub gelar vaksinasi massal di sejumlah pelabuhan

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2021