Terbawa hingga 4 kilometer dari lokasi pertama dilaporkan hilang
Cianjur (ANTARA) - Jasad santri atas nama Hilman (15) yang terbawa gelombang di Pantai Cieurih, Kecamatan Sindangbarang, Cianjur, Jawa Barat, akhirnya ditemukan tim SAR gabungan bersama warga sekitar 4 kilometer dari tempat pertama dilaporkan hilang tepatnya di perairan Pantai Apra.

Kepala SAR Bandung, Deden Ridwansyah saat dihubungi Sabtu, mengatakan jasad korban pertama kali ditemukan warga yang sedang menjaring ikan di pinggir pantai tepatnya di Desa Talagasari, Kecamatan Sindangbarang. Tim gabungan yang mendapat laporan langsung menuju ke lokasi.

"Jasad korban ditemukan sudah tidak bernyawa, terbawa hingga 4 kilometer dari lokasi pertama dilaporkan hilang. Sehingga pencarian pada hari kedua sudah selesai," katanya.

Jasad korban ungkap dia, sempat dibawa ke puskesmas setempat untuk menjalani visum, sebelum diserahkan ke pihak keluarga untuk dimakamkan di pemakaman umum yang tidak jauh dari rumah korban.

"Jenazah korban langsung diserahkan ke pihak keluarga untuk dimakamkan," kata Deden.

Baca juga: Empat diselamatkan, tim SAR masih cari santri terbawa ombak di Cianjur

Baca juga: Gelombang tinggi di pantai selatan Cianjur terjang dua warung


Pihaknya tetap mengimbau warga di pesisir pantai selatan Cianjur dan Jawa Barat, untuk menghindari kegiatan di pinggir pantai karena masih tingginya gelombang hingga dua pekan ke depan, sebagai upaya menghindari hal yang tidak diinginkan.

Sebelumnya tim SAR gabungan, berhasil menyelamatkan empat orang dari lima orang santri yang terbawa arus di Pantai Cieurih, Kecamatan Sindangbarang, Cianjur, saat bermain air di pinggir pantai, namun seorang diantaranya masih dalam pencarian petugas.

Kepala SAR Jabar, Deden Ridwansyah saat dihubungi Kamis (12/8), mengatakan selang beberapa saat mendapat informasi dari warga sekitar, pihaknya langsung mengirim petugas guna melakukan pencarian terhadap kelima orang korban atas nama Hilman (15), Asep (17), Gunawan (13), Rio (15) dan Ilham (17) merupakan warga sekitar.

Petugas berhasil menemukan empat orang diantaranya dengan kondisi selamat, sedangkan korban lainnya atas nama Hilman masih dalam pencarian karena terseret ombak yang sedang tinggi. Tim dibagi dua kelompok, menyisir pantai dan tengah laut.

Baca juga: Jasad nelayan Sukabumi ditemukan tim SAR di Pantai Apra Cianjur-Jabar

Baca juga: Nelayan pantai Selatan Cianjur terpaksa berhenti melaut

 

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021