Jakarta (ANTARA) - Industri kesehatan merupakan industri yang mengalami tantangan yang cukup besar terutama di masa pandemi ini, dibutuhkan solusi dan teknologi yang mendukung kinerja serta performa sektor ini agar masyarakat tetap bisa merasa aman, nyaman, dan tetap memiliki kepercayaan ketika membutuhkan pelayanan kesehatan.

Kemajuan teknologi informasi dalam dunia kesehatan tentu dapat membantu meningkatkan standar mutu dan pelayanan penyedia jasa kesehatan, serta mempermudah masyarakat mengakses informasi kesehatan.

Oleh karenanya, demi menjawab tantangan dan kebutuhan indutri kesehatan di tanah air, Asosiasi HealthTech Indonesia yang diketuai oleh dr. Gregorius Bimantoro, berkolaborasi dengan Widata Event's siap menggelar acara Health Technology Solutions (HTS) 2021 secara daring pada 25-26 Agustus 2021.

Baca juga: Ilmu biomedis kian penting untuk industri kesehatan, kata ahli

Ini merupakan sebuah ajang tahunan bagi para stakeholder industri kesehatan di antaranya pembuat kebijakan/regulator (pemangku kepentingan), produsen, operator dan tenaga professional sektor kesehatan.

"Kementerian Kesehatan berharap kegiatan yang diadakan secara virtual ini dapat berjalan dengan baik dan dapat menjadi momentum untuk memperkuat sektor teknologi kesehatan di Indonesia," ujar Analis Kebijakan Ahli Utama Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, drg. Oscar Primadi, MPH, selaku pembicara kunci, dalam siaran pers dikutip Sabtu.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kementerian Kesehatan RI, Dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid, yang juga menjadi salah satu pembicara HTS 2021, mengatakan kegiatan ini akan semakin menguatkan respons bersama terhadap berbagai masalah kesehatan yang ada.

Diharapkan sektor kesehatan di Indonesia memiliki posisi yang lebih baik untuk mencegah, mempersiapkan, merespons, dan memulihkan kembali dari pandemi COVID-19 serta berkontribusi dalam keamanan kesehatan secara nasional.

Baca juga: Aspaki sebut pasar alat kesehatan di Indonesia sangat menjanjikan

HTS 2021 akan dibuka secara resmi oleh jajaran dan para petinggi Kementerian Kesehatan RI, Kementerian Komunikasi dan Infomatika RI, perwakilan DPR RI Komisi IX, asosiasi-asosiasi terkait, akademisi serta para pelaku industri Kesehatan.

Acara ini akan menghadirkan beragam topik menarik di antaranya transformasi digital di masa pandemi COVID-19, monitoring kemajuan integrasi data di industri kesehatan, digitalisasi dan efisiensi rumah sakit yang lebih berkelanjutan, tantangan industri alat kesehatan (IOMT) di masa depan, privasi data kesehatan, dan beragam topik menarik lainnya.

dr. Edi Alpino Siregar selaku Ketua Dewan Pengarah HTS 2021 mengatakan bahwa acara ini tidak hanya akan membahas solusi, tetapi juga memberikan beragam masukan dan pengetahuan seputar perkembangan teknologi kesehatan dan penerapannya di masa mendatang.

Seluruh stakeholder sektor kesehatan di Indonesia termasuk perusahaan ternama penyedia teknologi dan solusi kesehatan, di antaranya Intel Corporation, Schneider Electric, Pasporsehat, Alibaba Cloud, dan Biznet Gio bersama dengan 30 lebih pembicara nasional akan berdiskusi tentang topik terkini, mengeksplorasi pemikiran dan membahas teknologi serta solusi percepatan dalam penyediaan dan peningkatan layanan Kesehatan di Indonesia.

Baca juga: Menperin apresiasi protokol kesehatan di industri kosmetik

Baca juga: Industri kesehatan dinilai perlu kolaborasi untuk mandiri

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2021