Magelang (ANTARA News) - Hujan abu relatif tipis akibat letusan susulan Gunung Merapi menerpa kawasan barat puncak gunung berapi di perbatasan antara Jawa Tengah dengan Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu pagi.

"Kepulan asap pagi ini terpantau hingga sekitar pukul 07.23 WIB dari sini," kata petugas pengamat Gunung Merapi di Pos Gardu Pandang Bukit Ketep, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Yulianto, di Magelang, Rabu.

Ia mengatakan, sejumlah kawasan yang terkena hujan abu tipis itu antara lain Desa Mangungsoko dan Banyudono, Kecamatan Dukun hingga kota Kecamatan Muntilan sekitar 30 kilometer barat puncak gunung berapi yang sedang fase letusan sejak 26 Oktober 2010 hingga saat ini.

Angin, katanya, bertiup dari timur ke barat sehingga sejumlah kawasan itu tertimpa hujan abu.

Ia mengatakan, pada Selasa (9/11) sejak sekitar pukul 15.45 hingga 20.00 WIB hujan turun di kawasan barat puncak Merapi.

"Sejak sore hingga malam tadi juga turun hujan," katanya.

Ia mengatakan, Merapi yang terpantau dari objek wisata Bukit Ketep di antara Gunung Merapi dengan Merbabu itu tertutup awan, sedangkan di bagian lereng timur tertutup kabut cukup tebal.

Petugas pengamatan Merapi di sisi barat dengan pos utama di Babadan, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang sekitar empat kilometer barat puncak Merapi itu sejak empat hari terakhir menempati pos di Bukit Ketep.

Mereka sebelumnya secara bertahap turun dari Pos Babadan ke Krinjing, Sawangan, dan sejak empat hari terakhir di Bukit Ketep.

Bukit Ketep dengan sejumlah fasilitas wisata seperti gardu pandang, bioskop mini, dan museum vulkano, tutup sementara waktu untuk kunjungan wisata karena lokasinya cukup dekat dengan puncak Merapi.
(ANT/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010