Menteri PPN-Rektor IPB puji Pemkab Bogor kolaborasi dengan pemuda

id Pemkab bogor, menteri ppn,suharso monorfa,ipb

Menteri PPN-Rektor IPB puji Pemkab Bogor kolaborasi dengan pemuda

Webinar Bogor Leaders Talk 2021 bertajuk "Pemuda Merdeka Penggagas Kemajuan Bangsa", Minggu (15/8/2021). (ANTARA/HO-Pemkab Bogor)

Cibinong, Bogor (ANTARA) - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) / Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa hingga Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) University, Prof Arif Satria memuji langkah Pemkab Bogor, Jawa Barat yang telah berkolaborasi dengan pemuda.

"Saya salut dengan Bupati Bogor Ade Yasin dan Pemkab Bogor, yang terus melakukan kolaborasi dengan pemuda sekaligus meningkatkan kualitas pemuda kita," ungkap Suarso dalam webinar Bogor Leaders Talk 2021, Minggu.

Dalam kegiatan bertajuk "Pemuda Merdeka Penggagas Kemajuan Bangsa", ia menyebutkan bahwa untuk meningkatkan peran pemuda butuh langkah strategis dan menyeluruh dari pemangku kepentingan.

"Saya ingatkan bahwa penting sekali kemitraan, kerja sama, kolaborasi para pemangku kepentingan termasuk pemuda  untuk mendorong kecepatan partisipasi pembangunan pemuda di masa pandemi. Jika kita memiliki pemuda yang berkualitas tentu negara akan maju dengan jauh lebih cepat," ujarnya.

Suharso berharap Pemkab Bogor konsisten dalam menggerakkan dan mendorong para pemuda dalam berbagai proses pembangunan di Kabupaten Bogor.

"Sesuai dengan visi NKRI yang ditulis oleh Presiden kita, Indonesia ke depan adalah yang mempunyai konsentrasi kepedulian terhadap pembangunan manusia dan penguasaan Iptek, pembangunan ekonomi yang berkelanjutan, pemerataan pembangunan, pemantapan ketahanan nasional, dan tata kelola pemerintahan," papar Suharso.

Sementara, Rektor IPB Unuversity, Prof Arif Satria menambahkan, pemuda harus melewati berbagai perubahan termasuk perubahan teknologi yang semakin cepat.

"Saat ini growth mindset (pola pikir berkembang) merupakan salah satu cara untuk kita tanamkan dalam pikiran kita, untuk mampu mengikuti perubahan yang ada, memiliki growth mindset berarti mempunyai pola pikir yang selalu optimis dalam segala hal, pemikiran growth mindset inilah yang diharapkan bisa dimiliki semua anak-anak muda," tuturnya.

Bupati Bogor, Ade Yasin menyebutkan bahwa bahwa Pemkab Bogor telah memberikan banyak perhatian untuk pembangunan generasi muda.

"Membangun itu tidak harus membangun infrastruktur tetapi juga membangun sumber daya manusia, membangun karakter dan lain-lain. Jadi tema membangun tidak hanya terfokus pada infrastruktur," kata Ade Yasin.

Ia memaparkan, Pemkab Bogor melibatkan kaum muda dalam pemulihan ekonomi yang belakangan gencar dilakukan, seperti kegiatan kreatif berbasis digital, lomba video kreatif pariwisata dan UMKM, lomba video profil desa, serta Festival Film Pendek Bogor.

Baca juga: Pemkab Bogor janji tingkatkan inovasi usai diapresiasi Kemendagri

Baca juga: Pemkab Bogor umumkan 1.200 pemenang Beasiswa Pancakarsa

Baca juga: Pemkab Bogor jamin layanan masyarakat tak terganggu saat PPKM Darurat

 

Pewarta : M Fikri Setiawan
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar