Jakarta (ANTARA) - Biro Humas dan Sistem Informasi Sekretariat Jenderal (Setjen) MPR RI mengajak masyarakat untuk turut serta meramaikan dan menyukseskan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 RI melalui sosial media, khususnya menggunakan twibbonize dengan mengunggah hasil foto mereka.

"Banyak sisi positif dari media sosial yang bisa kita manfaatkan termasuk meramaikan hari besar," kata Kepala Biro Humas dan Sistem Informasi Setjen MPR RI Siti Fauziah melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.

Tidak hanya untuk menyukseskan HUT RI pada 17 Agustus, ia mengajak kegiatan serupa untuk memeriahkan Sidang Tahunan MPR RI pada 16 Agustus dan Hari Konstitusi pada 18 Agustus.

Baca juga: HNW: Sidang Tahunan MPR momentum komitmen pelaksanaan amanat rakyat

Menurut dia, keberadaan media sosial, misalnya facebook, twitter, youtube, dan instagram dapat digunakan untuk mempertebal rasa kebangsaan serta menambah wawasan ketatanegaraan.

Untuk memeriahkan ketiga hari besar tersebut, katanya, masyarakat dapat ramai-ramai menggunakan twibbonize, yakni sebuah platform daring yang memfasilitasi segala kebutuhan "campaign" (kampanye) dengan cara yang asik dan menarik.

Melalui twibbonize, masyarakat dapat memasang foto pribadi dengan background atau latar belakang Sidang Tahunan MPR RI, HUT Indonesia, dan Hari Konstitusi.

Siti Fauziah menjelaskan gambar latar belakang tersebut dapat diunduh melalui link https://twb.nz/sidmpr21, https://twb.nz/sidber21, https://twb.nz/mpr76ri, dan https://twb.nz/76mpr.

Baca juga: Biro Humas MPR: Meriahkan 3 agenda besar negara dengan "twibbon"

"Silakan unduh atau instal twibbonize itu," ujarnya.

Kegiatan tersebut, kata dia, sekaligus sebagai bentuk dan wujud bahwa media sosial lebih banyak sisi positifnya bagi masyarakat. Dengan kata lain tidak sekadar terkait banyaknya keluhan atas berita hoaks atau mengadu domba.

"Beramai-ramai mengunggah twibbonize dengan background ketiga hari besar itu juga untuk menunjukkan rasa kebangsaan," katanya.

Secara umum, ia mengatakan Indonesia Merdeka, MPR RI, dan konstitusi bisa ada dan tercipta berkat perjuangan para pahlawan yang telah mengorbankan jiwa dan raganya untuk negeri ini.

Baca juga: Biro Humas: Sidang Tahunan MPR dipublikasikan lewat berbagai media

Di samping itu, pada hakikatnya banyak cara untuk menghargai jasa para pahlawan termasuk dengan meneladani sikap rela berkorban mereka. Kegiatan menginstal dan mengunggah twibbonize dengan gambar latar belakang ketiga hari besar tersebut sekaligus untuk mengingatkan jasa-jasa para pahlawan.

"Ayo kita ingatkan jasa-jasa para pahlawan yang mampu melahirkan Indonesia, konstitusi, dan MPR RI lewat media sosial," ujarnya.

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2021