Jakarta (ANTARA) - Pengamat politik Lingkar Madani (Lima) Ray Rangkuti mengapresiasi pemakaian baju adat Suku Badui oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Sidang Tahunan MPR RI di Gedung MPR/DPR, Jakarta.

"Saya senang dan berterima kasih kepada presiden memakai baju (pakaian adat Suku Badui) itu," kata Ray saat dihubungi di Jakarta, Senin.

Menurutnya, pemakaian baju adat Suku Badui oleh kepala negara mengingatkan semua pihak atas permasalahan yang saat ini dialami oleh Suku Badui dan seluruh masyarakat adat di Indonesia.

Lebih lanjut, Ray berharap agar simbol yang ditampilkan Presiden Jokowi itu tidak berhenti begitu saja. Di saat bersamaan, harus ada kebijakan yang lebih tegas untuk memberi perlindungan bagi hak masyarakat adat seperti terkait lingkungan hidup dan kepercayaan memegang teguh tradisi melalui regulasi yang spesifik.

Baca juga: Presiden kenakan pakaian adat Suku Baduy di Sidang Tahunan MPR
Baca juga: Alasan Jokowi pilih pakaian adat Baduy: Sederhana dan nyaman dipakai
Baca juga: KSP: Presiden tepis stigma negatif Suku Baduy


"Tradisi mereka semestinya dijamin Undang-Undang (UU), bukan hanya peraturan tetapi UU," kata Ray menegaskan.

Dengan simbol melalui pakaian adat Suku Badui yang dikenakan, Ray juga mengharapkan Presiden Jokowi dapat menginisiasi untuk melahirkan UU yang secara komprehensif melindungi suku-suku serta masyarakat adat yang terus memelihara tradisinya dan di saat yang sama dapat mengatur perlindungan terhadap lingkungan tempat mereka hidup.

Sebelumnya, Presiden Jokowi tampak mengenakan pakaian adat Suku Badui berwarna hitam-hitam dengan lencana merah putih di dada sebelah kiri saat Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2021, Senin (16/8).

Dia mengenakan kain ikat kepala berwarna biru, sandal berwarna hitam, dan dilengkapi dengan tas rajut berwarna cokelat yang diselempangkan di bahu kiri.

Presiden Jokowi juga menjelaskan alasan dibalik pakaian adat Suku Badui yang dia kenakan dalam pidato kenegaraan yang disampaikannya.

"Busana yang saya pakai ini adalah pakaian adat Suku Badui. Saya suka karena desainnya yang sederhana, 'simpel' dan nyaman dipakai," kata kata Presiden Jokowi.

Pewarta: Muhammad Jasuma Fadholi
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2021