Kendari (ANTARA) - Personel TNI-Polri bersama Manggala Agni di Sulawesi Tenggara melakukan pengibaran bendera Merah Putih sepanjang 76 Meter di Puncak Wolasi, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara (Sultra), Senin.

Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Sulra Kombes Pol Adarma Sinaga dari Kendari, Senin, mengatakan pengibaran Bendera Merah Putih itu dilakukan personel gabungan untuk mengingatkan kepada seluruh masyarakat terkait Hari Ulang Tahun ke-76 Republik Indonesia.

"Ini mengingatkan kita semua bahwa tanggal 17 Agustus adalah Hari Kemerdekaan kita," kata dia.

Kepala Manggala Agni Daops Sulawesi Tenggara Yanuar Fanca Kusuma mengatakan pengibaran merah putih itu dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Baca juga: Kapten Infantri Suryadi terpilih jadi Danki Paskibraka HUT ke-76 RI
Baca juga: Pekerja seni Riau pameran virtual 76 jam non stop sambut HUT RI
Baca juga: Peringati HUT RI, Guru Besar UI gelar pertunjukan ketoprak virtual


"Pengibaran ini dimaksudkan untuk mengingatkan kepada kita semua peringatan HUT Kemerdekaan dan untuk merawat rasa bangga terhadap bangsa dan negara Indonesia," katanya.

Usai mengibarkan Merah Putih puluhan meter, dilanjutkan dengan patroli di titik-titik rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di beberapa desa sekitar hutan lindung Wolasi.

"Untuk patroli karhutla kami didukung oleh Brimob dan TNI, kami menyelenggarakan patroli di sekitar kawasan Wolasi," ujar dia.

Selain itu, dalam kegiatan ini juga dirangkai dengan vaksinasi merdeka bagi masyarakat yang ada di sekitar kawasan Puncak Wolasi sekaligus pemberian bantuan sembako kepada warga.

Ia menyebut, personel yang diterjunkan dalam kegiatan ini sebanyak 76 petugas gabungan dari unsur TNI-Polri, Manggala Agni serta rimbawan.

"Untuk bantuan sembako yang disalurkan kepada masyarakat terdampak pandemi COVID-19 sebanyak 200 paket," kata Kepala Manggala Agni Daops Sulawesi Tenggara Yanuar Fanca Kusuma.

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2021