Jakarta (ANTARA) - Tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang bertugas mengibarkan Bendera Merah Putih pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, Selasa, telah ditentukan dan dinamakan Tim Indonesia Tangguh.

Berdasarkan keterangan tertulis Sekretariat Presiden di Jakarta, Selasa, anggota Paskibaraka, Ardelia Muthia Zahwa, yang merupakan perwakilan dari Provinsi Sumatera Utara terpilih sebagai pembawa Bendera Merah Putih. Ardelia, kelahiran Tebing Tinggi, 6 Desember 2004, saat ini menempuh pendidikan di SMA Harapan I Medan.

Baca juga: Presiden Jokowi kukuhkan 68 anggota Paskibraka 2021

Tiga lainnya dari Kelompok 8 yang bertugas mengibarkan bendera adalah Aditya Yogi Susanto sebagai Komandan Kelompok 8 yang mewakili Provinsi Gorontalo, Dika Ambiya Rahman sebagai pembentang bendera yang mewakili Provinsi Jawa Barat, dan Ridho Hadfizar Armadhani sebagai pengerek bendera yang mewakili Provinsi Lampung.

Sementara itu, Kolonel Pnb. Putu Sucahyadi didapuk menjadi Komandan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Pria kelahiran Denpasar, 9 Oktober 1977, ini merupakan lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 1999. Saat ini ia menjabat sebagai Asops Kosekhanudnas II Makassar, Sulawesi Selatan.

Baca juga: Pengukuhan Paskibraka di Istana Merdeka dihadiri Kepala BPIP

Bertindak sebagai Komandan Kompi Paskibraka adalah Kapten Inf. Suryadi Nataatmaja. Saat ini pria lulusan Akademi Militer tahun 2012 tersebut bertugas sebagai Danki Pandu Udara Denpandutaikam Brigif Para Raider 18/2 Kostrad.

Ada pun bertindak sebagai Perwira Upacara adalah Brigadir Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya. Lahir di Bangkalan, 10 November 1971, saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Garnisun Tetap I/Jakarta. Beliau merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1993.

Paskibraka 2021 yang anggotanya berasal dari perwakilan masing-masing provinsi di Indonesia sebelumnya telah dikukuhkan oleh Presiden Joko Widodo pada Kamis, 12 Agustus 2021, di Halaman Istana Merdeka, Jakarta. Sebanyak 68 pemuda telah mengucapkan Ikrar Putra Indonesia dan siap untuk menjalankan tugasnya pagi ini.

Baca juga: BPIP: Paskibraka cerminan masyarakat dari Sabang sampai Merauke

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2021