Batan: Rayakan HUT ke-76 RI dengan hasil riset dan inovasi unggulan

id HUT ke-76 R,Batan,Hari Kemerdekaan RI,Badan Tenaga Nuklir Nasional

Batan: Rayakan HUT ke-76 RI dengan hasil riset dan inovasi unggulan

Kepala Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) Anhar Riza Antariksawan. (ANTARA/Martha Herlinawati Simanjuntak)

Jakarta (ANTARA) - Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) mengatakan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Republik Indonesia (RI) dan peringatan kemerdekaan RI harus diisi dengan hasil riset dan inovasi unggulan untuk Indonesia maju dan masyarakat sejahtera.

"Setiap kali memperingati Hari Kemerdekaan RI, kita selalu mengingat tujuan kemerdekaan, yaitu masyarakat sejahtera. Oleh karena itu, Batan melalui visi Nuklir untuk Indonesia Berdaya Saing dan Sejahtera, mengisi kemerdekaan ini dengan upaya terus menerus meningkatkan kontribusi pada pembangunan nasional melalui inovasi hasil risetnya di beberapa bidang," kata Kepala Batan Anhar Riza Antariksawan saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Selasa.

Anhar menuturkan semangat melakukan riset dan inovasi di bidang pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) harus senantiasa hidup dalam setiap insan riset dan inovasi Indonesia.

Baca juga: Lapan maknai HUT ke-76 RI dengan semangat membangun negeri

Menurut Kepala Batan, menggelorakan semangat tersebut dapat dilakukan dengan mengingatkan tantangan yang dihadapi bahwa semangat Nuklir Untuk Indonesia harus benar-benar bisa terwujud.

"Dengan cukup banyaknya generasi muda di Batan, Visi Indonesia Maju 2045, kita gunakan untuk terus menggelorakan semangat mereka, mengingatkan mereka bahwa merekalah yang akan memegang peran dalam meneruskan visi Nuklir Untuk Indonesia Maju," ujar Anhar.

Ia menuturkan seluruh sumber daya manusia (SDM) Iptek termasuk di dalamnya peneliti, perekayasa dan pengembang teknologi nuklir, harus memaknai kemerdekaan RI sebagai ruang untuk mewujudkan masyarakat berbasis sains dan pembangunan berbasis SDM dan Iptek, tidak hanya berbasis sumber daya alam.

Penciptaan SDM Iptek unggul di Batan dilakukan melalui berbagai cara diantaranya pelaksanaan kegiatan riset, pelatihan dan sertifikasi personil, serta pendidikan.

Dalam upaya menciptakan inovasi dan teknologi unggulan dan terbaru, Batan berupaya melakukan riset dan inovasi sesuai dengan state of the art setiap bidang riset dan yang sesuai dengan kebutuhan para pengguna.

Untuk itu, Batan berupaya untuk memperluas dan menguatkan kolaborasi dengan berbagai institusi baik dalam negeri maupun luar negeri.

"Partisipasi Batan secara aktif di Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA) dan kerja sama internasional dan regional lainnya juga kita manfaatkan untuk melahirkan inovasi unggulan dan terkini," ujar Anhar.

Baca juga: Zulkifli: Pandemi ujian tunjukkan Indonesia sebagai bangsa tangguh
Baca juga: Upacara HUT ke-76 RI, Menag berdoa agar dapat jaga keindahan negeri

 

Pewarta : Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar