Jambi (ANTARA) - Sejumlah anggota Polres Merangin, Provinsi Jambi, mengajak orang rimba atau suku anak dalam (SAD) untuk melaksanakan pengibaran bendera Merah Putih memperingati HUT ke-76 Kemerdekaan RI di perkampungan mereka secara bersama-sama.

Kemudian selama tiga menit, yakni mulai pukul 10.17 WIB hingga 10.20 WIB, warga SAD dipandu Kapolsek setempat dan Bhabinkamtibmas mengikuti upacara dan hormat bendera Merah Putih sebagai wujud rasa cinta tanah air dan menumbuhkan rada nasionalisme, kata Kapolres Merangin, AKBP Irwan Andi Purnamawan, melalui keterangan tertulisnya yang diterima di Jambi, Selasa.

Baca juga: Marinir dan warga pesisir gelar upacara di pantai kaki Suramadu

Salah satunya kegiatan yang dilaksanakan oleh anggota di lapangan seperti, warga SAD di Desa Gading Jaya, Kecamatan Tabir Selatan, Kabupaten Merangin yang diikuti 26 anggota orang rimba bersama personil kepolisian menggelar upacara bendera di lokasi permukiman mereka dengan khidmat dan lancar.

Kapolres Irwan Andi mengatakan, warga SAD di Kabupaten Merangin diajarkan untuk mengikuti upacara bendera dalam memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-76.

"Kita polisi mengajari mereka untuk pemasangan dan penghormatan bendera Merah Putih agar orang rimba bisa melakukan penghormatan dan pemasangan bendera sendiri nantinya," katanya.

Baca juga: Pemulung TPA Sanggrahan gelar upacara HUT ke-76 Kemerdekaan RI

Selain upacara bendera, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk menumbuhkan rasa nasionalisme warga SAD memperingati HUT RI ke-76.

"Semoga dengan adanya upacara ini, warga SAD di Kabupaten Merangin terbentuk rasa nasionalisme dan dapat memperingatinya setiap tahunnya secara mandiri nantinya," kata AKBP Irwan Andi Purnamawan.

Baca juga: Masyarakat-pemerintah Desa Manyampa kibarkan bendera di hutan mangrove

Pelaksanaan HUT RI ke-76 yang digelar para Bhabinkamtibmas Polres Merangin tersebut digelar pada beberapa lokasi tempat tinggal warga orang rimba atau SAD yang ada di Kabupaten Merangin dan pelaksanaan berjalan lancar.

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2021