Estimasi operasional pada September. Tetapi tentunya kami akan melihat bagaimana perkembangan kondisinya,
Yogyakarta (ANTARA) - Pembangunan sarana dan prasarana untuk mendukung operasional KA Bandara Yogyakarta International Airport mencapai 97,6 persen dan diperkirakan kereta bandara yang melayani rute Stasiun Tugu hingga Stasiun Bandara YIA tersebut dapat dijalankan pada September.

“Estimasi operasional pada September. Tetapi tentunya kami akan melihat bagaimana perkembangan kondisinya,” kata Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zulfikri di sela peninjauan jalur KA Bandara YIA di Yogyakarta, Selasa.

Menurut dia, operasional KA Bandara YIA akan dilakukan bertahap menyesuaikan frekuensi penerbangan di bandara tersebut, terlebih saat ini masih dalam masa PPKM.

Baca juga: Kemenhub selesaikan pembangunan jalur KA Bandara YIA lebih awal

“Kami akan lihat bagaimana perkembangan PPKM pada awal September. Jika frekuensi penerbangan sudah mulai banyak maka perjalanan KA Bandara YIA akan ditambah. Disesuaikan aktivitas penerbangan,” katanya.

KA Bandara YIA tersebut dipersiapkan untuk 30 kali perjalanan dalam sehari, 15 perjalanan pulang pergi, dengan kapasitas angkut hingga 5.600 penumpang per hari.

Baca juga: KAI tunggu keputusan operasi rute Stasiun Yogyakarta-Bandara YIA

Kereta tersebut dipastikan akan memangkas waktu tempuh dari Kota Yogyakarta menuju YIA yang semula 1,5 jam menjadi hanya sekitar 40 menit.

“Kecepatan maksimal kereta bisa sampai 100 kilometer per jam. Tetapi untuk operasional akan ditetapkan di kecepatan sekitar 60 km per jam,” katanya.

Untuk tahap awal, akan diberlakukan tarif promo yaitu Rp20.000 per penumpang.

Baca juga: Pekerjaan Peron Stasiun Kereta Api Bandara YIA capai 96 persen

Selain untuk melayani calon penumpang pesawat terbang, kereta tersebut juga dapat mendukung mobilitas masyarakat khususnya pekerja komuter.

Terkait kesiapan operasional, Direktorat Jenderal Kereta Api (DJKA) juga sudah melakukan uji kelaikan dan uji rancang bangun untuk jalur yang akan digunakan.

Safety assesment untuk menguji seluruh sistem operasional KA Bandara YIA juga sudah diakukan semata-mata untuk memastikan keselamatan dan keamanan perjalanan kereta api.

“Besok, Rabu (18/8), akan dilakukan switch over persinyalan dari Stasiun Kedundang hingga Stasiun Bandara YIA dilanjutkan simulasi perjalanan hingga akhir Agustus untuk kemudian dilakukan uji coba dengan penumpang terbatas sebelum dioperasionalkan secara penuh,” katanya.

Sebelumnya, KA Bandara YIA sudah dioperasionalkan sejak 2019 dengan rute Stasiun Yogyakarta-Stasiun Wojo. Penumpang kemudian beralih menggunakan armada bus menuju YIA.

Pewarta: Eka Arifa Rusqiyati
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021