Batam (ANTARA) - Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut Tanjungbalai Karimun gelar upacara HUT Ke-76 Kemerdekaan RI di daerah terdepan NKRI yang berbatasan dengan Malaysia dan Singapura, Pulau Karimun Anak, Provinsi Kepulauan Riau, Selasa.

Upacara itu sengaja digelar untuk membangun semangat nasionalisme masyarakat Pulau Karimun Anak Kabupaten Karimun.

"Sebagai penjaga laut nusantara, pembinaan nasionalisme melalui upacara merupakan tugas Bakamla yang harus dilakukan agar masyarakat perbatasan turut serta dalam pertahanan wilayah NKRI, sehingga tercipta Indonesia yang aman, damai dan sejahtera," kata Kepala SPPKL TBK Letkol Bakamla Slamet Handhi Rahadiyono dalam keterangan tertulis.

Selain personel SPKKL Tanjungbalai Karimun, upacara juga diikuti warga dari relawan penjaga laut nusantara (Rapala) dan nelayan terpadu Kabupaten Karimun.

Baca juga: Menkes ajak masyarakat beri hadiah HUT RI dengan penerapan prokes

Baca juga: Sambut HUT RI, Rumah Zakat resmikan pusat krisis terdampak COVID-19


Upacara detik-detik proklamasi berjalan sederhana tetap menerapkan protokol kesehatan demi mengantisipasi potensi penularan COVID-19.

Masyarakat nampak khidmat mengikuti seluruh rangkaian upacara, termasuk menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan lantang dan penuh semangat.

Menurut Slamet, momen seperti itu membuktikan bahwa masyarakat di perbatasan juga memiliki jiwa nasionalisme yang kuat terhadap NKRI.

Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2021