Jakarta (ANTARA) - Duta Besar Republik Indonesia untuk Norwegia Todung Mulya Lubis mengatakan Indonesia masih memiliki banyak pekerjaan rumah untuk dapat mewujudkan negara yang tangguh dan tumbuh.

"Saudara-saudara bisa menjadi ‘champions’. Saudara-saudara punya pendidikan, punya uang, punya pengalaman. Do something for your country. Pay your due,” katanya dalam sambutan Upacara Bendera Peringatan HUT ke-76 Republik Indonesia di Wisma Indonesia Kedubes RI di Oslo, Selasa.

Todung mengatakan Indonesia masih memiliki banyak tugas yang harus diselesaikan untuk bisa menjadi negara yang tangguh dan tumbuh, terutama di tengah tantangan pandemi COVID-19.

Untuk terbebas dari pandemi tersebut, pemerintah Indonesia perlu bekerja sama dengan rakyat.

Oleh karena itu, ia memanggil para "champions" baru, terutama di kalangan diaspora Indonesia di Norwegia dan Islandia, untuk bahu-membahu membawa negara bangkit.

Sementara itu, upacara pengibaran Sang Saka Merah Putih di KBRI Oslo berlangsung lancar dan khidmat, diikuti oleh sekitar 120 orang peserta dari berbagai elemen diaspora Indonesia di Norwegia, termasuk staf KBRI Oslo dan keluarga. Kegiatan tersebut disiarkan melalui Zoom dan kanal YouTube KBRI Oslo TV.

Mengingat penerapan protokol kesehatan COVID-19 yang masih diberlakukan di Norwegia, acara di KBRI Oslo juga menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Sebagian besar peserta yang hadir dalam upacara telah menyerahkan bukti vaksinasi COVID-19.

 Baca juga: HUT RI di Turki, anggota satgas pelindungan WNI dapat penghargaan
Baca juga: Panggung musik meriahkan HUT Kemerdekaan RI di Beijing

Pewarta: Katriana
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2021