Ini kerja sama yang penting dan strategis
Jakarta (ANTARA) - PSSI menjalin kemitraan dengan tujuh perguruan tinggi nasional terkait beberapa hal, mulai dari beasiswa hingga sains olahraga (sport science), melalui penandatanganan nota kesepahaman (MoU) secara virtual, Rabu.

Ketujuh perguruan tinggi tersebut adalah Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Negeri Padang (UNP), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Universitas Negeri Malang (UM) serta Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Pasundan.

Dalam acara tersebut, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan bahwa kerja sama tersebut meliputi setidak-tidaknya empat hal yaitu menciptakan pelatih dan instruktur pelatih berkualitas, pemain yang mumpuni, sains olahraga serta beasiswa atlet.

"Ini kerja sama yang penting dan strategis," ujar Iriawan.

Menurut purnawirawan polisi berpangkat akhir Komisaris Jenderal itu, lingkungan kampus berpotensi menghasilkan pelatih dan instruktur pelatih yang berkualitas internasional.

Baca juga: Menpora ingin Haornas jadi titik awal implementasi sport science

Hal tersebut diperlukan karena, berdasarkan data PSSI, Indonesia hanya memiliki sekitar 7.000 pelatih sepak bola di semua level. Jumlah itu dianggap sangat rendah mengingat penduduk Indonesia ada sekitar 270 juta jiwa.

Sementara terkait pemain, PSSI percaya dunia perguruan tinggi memiliki banyak bakat pesepak bola yang di antaranya bisa saja memperkuat tim nasional Indonesia.

"Mereka tak kalah kualitasnya dari pemain Liga 1," tutur Iriawan.

Soal sains olahraga, PSSI berharap bisa mendapatkan kesempatan untuk menggunakan fasilitas kampus yang berkaitan dengan itu.

Baca juga: Bicara prestasi olah raga juga bicara sport science, kata Menpora

Tentang beasiswa, Iriawan menyebut bahwa itu akan disesuaikan dengan ketentuan perguruan tinggi tersebut.

Pihak kampus yang bekerja sama dengan PSSI pun menyatakan kesanggupan mereka untuk membantu peningkatan prestasi sepak bola nasional.

Rektor UNJ Komarudin mengatakan bahwa pihaknya dan enam perguruan tinggi lain mempersilakan PSSI untuk menggunakan semua fasilitas yang mereka miliki.

"Ini semua demi kemajuan sepak bola nasional," ujar Komarudin.

Baca juga: Polri sudah berikan izin Liga 1 2021-2022
Baca juga: LIB: Seremoni pembukaan Liga 1 tetap dengan 299 orang di stadion

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021