BAZNAS targetkan kerja sama penyaluran beasiswa dengan 500 kampus

id Beasiswa Cendekia,BAZNAS, Indonesia tangguh, Indonesia tumbuh.

BAZNAS targetkan kerja sama penyaluran beasiswa dengan 500 kampus

Tangkapan layar Ketua BAZNAS RI Noor Achmad saat membuka program Beasiswa Cendekia BAZNAS, Senin (16/8/2021). (ANTARA/Asep Firmansyah)

Jakarta (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menargetkan mampu menjalin kerja sama dengan 500 kampus, baik dari dalam maupun luar negeri untuk program penyaluran Beasiswa Cendekia BAZNAS (BCB) yang digulirkan setiap tahun.

"Kita targetkan punya mitra kampus lebih dari 500, baik di dalam maupun luar negeri, sehingga kita bisa mengover banyak lembaga dan penerima beasiswa," ujar Ketua BAZNAS Noor Achmad dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Noor mengatakan saat ini BAZNAS baru membangun mitra dengan 101 kampus. Jumlah ini masih kurang untuk bisa menutupi para penerima beasiswa yang jumlahnya kian meningkat.

Baca juga: BAZNAS buka pendaftaran beasiswa cendekia 2021

Nantinya, program BCB ini diharapkan bisa mencetak lulusan yang memiliki ciri khas tata sosial Islami, yaitu intelektual, dermawan, santun, tangguh, dan mengedepankan persaudaraan yang sesuai tema kemerdekaan tahun ini, yakni Indonesia tangguh, Indonesia tumbuh.

"Penerima beasiswa dan para lulusannya harus menjadi kader yang tangguh dan mewarnai pertumbuhan Indonesia di segala sektor. Untuk itu, program studinya harus beragam dan prospektif sesuai dengan kebutuhan pembangunan ke depan," kata dia.

Noor berharap di masa depan setiap penerima beasiswa BAZNAS memiliki kekuatan dan motivasi untuk menjadi muzaki. Karena, ketangguhan SDM di antaranya adalah motivasi untuk mengubah keadaan dan lingkungan sekitarnya ke arah yang lebih baik.

"Motivasinya sekarang ini adalah sebagai penerima beasiswa, ke depan harus bisa memberikan beasiswa. Harus punya usaha yang kuat, cita-cita yang kuat, menjadi muzaki untuk membantu BAZNAS yang akan datang. Karena apa yang kita lakukan justru adalah untuk orang lain," kata dia.

Baca juga: BAZNAS dorong pemerataan akses informasi beasiswa

Baca juga: Baznas salurkan beasiswa kaderisasi ulama


Sebelumnya, BAZNAS telah membuka pendaftaran program Beasiswa Cendekia BAZNAS Perguruan Tinggi Dalam Negeri (BCB PTDN) 2021 bekerja sama dengan 101 kampus mitra beasiswa di seluruh Indonesia yang diluncurkan pada 16 Agustus.

Calon peserta bisa melakukan pendaftaran melalui laman beasiswa.baznas.go.id yang dibuka hingga 31 Agustus 2021. Setelah itu, BAZNAS akan melakukan seleksi ketat yang melibatkan tim seleksi dari pihak kemahasiswaan kampus agar dipastikan penerima beasiswa tepat sasaran.

Program beasiswa BAZNAS bekerja sama dengan berbagai kampus dalam dan luar negeri serta telah menghasilkan 1.432 alumni yang tersebar di berbagai sektor bidang pekerjaan.

Pewarta : Asep Firmansyah
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar