Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan lebat disertai angin kencang dan kilat meliputi sebagian besar wilayah Indonesia pada Jumat.

Menurut prakiraan cuaca yang disiarkan di laman resmi BMKG, wilayah yang pada Jumat berpotensi mengalami hujan lebat disertai angin kencang dan kilat antara lain Provinsi Aceh, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, dan Jawa Barat.

Bagian wilayah Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua juga diprakirakan menghadapi hujan lebat disertai angin dan kilat.

Hujan dengan intensitas yang lebih ringan diprakirakan turun di wilayah Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Jambi, Banten, DKI Jakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Selatan.

BMKG menyampaikan bahwa sejumlah wilayah harus mewaspadai potensi banjir, termasuk di antaranya Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, dan Jawa Barat.

Kalimantan Utara, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua, dan Papua Barat statusnya juga waspada banjir.

Di samping itu, BMKG menyampaikan peringatan dini mengenai potensi angin kencang di wilayah Nusa Tenggara Timur.

Munculnya daerah konvergensi, daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin, meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sejumlah wilayah Indonesia.

Menurut BMKG, daerah konvergensi terpantau memanjang dari Sumatera Utara hingga Selat Malaka, dari Jawa Barat bagian selatan hingga pesisir barat Lampung, dari Kalimantan Barat bagian selatan hingga Kalimantan Barat bagian utara, dari Kalimantan Timur hingga Kalimantan Utara, dari Sulawesi Tenggara bagian utara hingga Sulawesi bagian tengah, dari Papua Barat hingga Maluku Utara, dan di Papua.

Baca juga:
LAPAN prakirakan hujan ekstrem terkonsentrasi di timur Indonesia
BMKG: Fenomena gelombang panas tidak terjadi di Indonesia

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2021