Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang juga Ketua Komite Penanganan COVID dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) mengunjungi Kalimantan Selatan (Kalsel) untuk memastikan berbagai program dan upaya dalam pengendalian COVID-19 berjalan sesuai harapan pemerintah.

“Jadi kami ke sini untuk melihat secara langsung situasi pandemi dan penanganan COVID-19 di Kalimantan Selatan. Karena Kalsel adalah salah satu yang tertinggi (kasus aktif) dan paling banyak kabupaten/ Kota PPKM Level 4 di Kalimantan,” dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Jumat.

Sebanyak 6 dari 13 kabupaten/kota di Kalimantan Selatan tengah menerapkan PPKM Level 4 karena kasus aktifnya cukup tinggi. Tingkat keterisian RS (BOR) di Kalsel juga tertinggi ketiga secara nasional yakni 60 persen, kemudian tingkat kematian (CFR) 3,1 persen yang sedikit di atas nasional, serta testing yang masih rendah dengan positivity-rate yang tinggi.

Selain itu, Menko Airlangga mengecek pelaksanaan koordinasi, sinergi dan kolaborasi yang antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dalam melaksanakan berbagai program, mulai percepatan Vaksinasi, penyediaan fasilitas Isolasi Terpusat, ketersediaan Obat dan Oksigen dan juga mengecek PPKM Mikro di desa-desa yang menjadi percontohan dalam penerapan protokol Kesehatan dan pelaksanaan isolasi secara terpusat.

Baca juga: Menko Perekonomian Airlangga tinjau pelaksanaan vaksinasi di Kalsel

Menko Airlangga juga meninjau pelaksanaan vaksinasi di Gelanggang Olahraga (GOR) Hasanuddin yang berlokasi di Kota Banjarmasin sekaligus menyerahkan bantuan berupa paket sembako bagi warga yang melakukan vaksinasi. Penyelenggaraan vaksinasi yang ditargetkan 1.000 dosis vaksin COVID-19 per hari tersebut merupakan hasil sinergi dan kolaborasi antara Polda Kalsel dan Pemda Kalsel.

“Dari peninjauan hari ini, kita melihat sendiri tingginya antusiasme masyarakat mengikuti vaksinasi ini, sehingga perlu dijaga ketersediaan suplai vaksin. Pemerintah akan mendapatkan vaksin selama bulan Agustus ini sebanyak 72 juta dosis, dan harapannya untuk Kalimantan Selatan ini akan segera ditambahkan,” ungkap Airlangga.

Selanjutnya Menko Airlangga melakukan peninjauan ke Perumahan Citra Garden City, di Kelurahan Sungai Ulin, Kecamatan Banjarbaru Utara, Kota Banjarbaru. Di perumahan tersebut terdapat 289 jiwa yang terdiri dari 133 Kepala Keluarga (KK) yang beberapa waktu lalu 46 warganya terkena COVID-19. Setelah menjalani isolasi mandiri secara terpusat, saat ini tinggal 4 orang yang melakukan isolasi di perumahan tersebut.

Baca juga: Menko optimis pertumbuhan ekonomi 2021 capai 3,7 persen

“Keberhasilan pengendalian laju kasus COVID-19 ini, tidak lepas dari adanya penyediaan sebuah rumah yang khusus dijadikan sebagai tempat isolasi bagi warga yang terkena COVID-19, sehingga penyebaran kasus aktif dapat ditekan dan perawatan dapat dilakukan secara lebih memadai,” jelas Airlangga.

Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2021