Kami prihatin dengan situasi keamanan yang memburuk yang bisa mengganggu bantuan kami kepada warga Haiti yang rentan. Kami sedang berbicara dengan otoritas dan semua pihak untuk berusaha mencegah hal ini
Marceline (ANTARA) - Ketegangan di Haiti meningkat pada Sabtu ketika daerah-daerah yang sulit dijangkau belum mendapat bantuan usai dihantam gempa besar yang menewaskan lebih dari 2.000 orang pekan lalu.

  Banyak warga Haiti yang rumah dan mata pencahariannya hancur oleh gempa magnitudo 7,2 pada 14 Agustus lalu mengatakan mereka bahkan tidak tahu bagaimana harus memulai lagi kehidupan mereka.

  Kesal dengan bantuan yang tak kunjung tiba, warga menyerang truk-truk bantuan di sejumlah kota di bagian selatan negara Karibia yang miskin itu.

  Pertikaian antarwarga terjadi setelah mantan Presiden Michel Martelly mengunjungi sebuah RS di kota Les Ceyes, di mana seorang stafnya meninggalkan amplop berisi uang yang diperebutkan banyak orang.

  "Kami prihatin dengan situasi keamanan yang memburuk yang bisa mengganggu bantuan kami kepada warga Haiti yang rentan. Kami sedang berbicara dengan otoritas dan semua pihak untuk berusaha mencegah hal ini," kata Pierre Honnorat, kepala Program Pangan Dunia PBB di Haiti.


Baca juga: Penyintas gempa Haiti perlu bantuan, korban tewas hampir 2.000

  Korban tewas akibat gempa mencapai 2.189 orang dan diperkirakan 332 orang masih hilang.

  Namun, penduduk kota-kota di daerah pedesaan selatan masih mencari jenazah orang-orang yang diyakini tertimbun di bawah reruntuhan bangunan.

  Puluhan ribu rumah hancur, membuat banyak keluarga tak punya pilihan selain tidur di tempat terbuka meski diguyur hujan deras saat malam.

  Musim angin topan di wilayah Karibia berlangsung hingga akhir November dan Perdana Menteri Ariel Henry telah memperingatkan warga Haiti untuk bersiap menghadapi lebih banyak badai.

  "Setelah fase darurat, yang kami harapkan berlangsung hanya beberapa pekan, kami harus mulai berpikir tentang rekonstruksi," kata Henry dalam pertemuan dengan Organisasi Negara-Negara Amerika pada Jumat untuk meminta bantuan dari negara-negara tetangga.


Baca juga: Gempa Haiti, Kemlu pastikan tak ada korban WNI

  Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin mengatakan di Twitter bahwa kapal angkatan laut USS Arlington tengah menuju Haiti dengan membawa sejumlah helikopter, tim dokter bedah dan kapal pendarat untuk membantu upaya penanggulangan.

  Sejumlah negara, termasuk AS, telah mengirimkan bantuan dan tim penyelamat.

  Upaya menjangkau daerah-daerah yang sangat membutuhkan bantuan terhambat oleh longsor dan kerusakan jalan utama.

  Selain itu, perkelahian antargeng juga mempersulit perjalanan antara ibu kota Port-au-Prince dan wilayah selatan di mana lahan pertanian dan sumber air minum telah hancur. Hewan-hewan ternak juga mati dalam bencana tersebut.

Baca juga: Gempa Haiti berkekuatan 7,2 magnituda tewaskan lebih dari 300 orang

  Para pejabat dan penduduk kota-kota kecil dan daerah-daerah pedesaan terus mencatat jumlah warga yang tewas dan hilang.

  Bagi banyak warga lainnya, gempa itu telah menjungkirbalikkan hidup mereka secara diam-diam namun berdampak panjang.

  Manithe Simon, 68 tahun, berdiri di depan rumahnya yang roboh di Marceline pada Jumat.

  Dia masih syok, begitu cepat bulan madunya berubah menjadi mimpi buruk.

  Beberapa hari sebelum gempa, dia dan Wisner Desrosier akhirnya memutuskan untuk menikah di gereja setempat.

Baca juga: Naomi Osaka sumbangkan pendapatannya untuk korban gempa Haiti

  Mereka telah hidup bersama dan membesarkan empat anak mereka selama 44 tahun.

  Kini kamar tidurnya, di mana dia berpose untuk foto pernikahan dalam gaun putih tak berlengan dan bunga-bunga yang menghiasi ranjang, terkubur reruntuhan.

  "Pernikahan kami begitu indah, meskipun hari itu hujan sangat deras," kata dia.

  "Namun kini kami kehilangan segalanya."

  Sumber: Reuters


Baca juga: Tiga helikopter bawa 169 orang Amerika ke bandara Kabul

Baca juga: Menlu Taiwan: China ingin "meniru" Taliban


Penerjemah: Anton Santoso
Editor: Fardah Assegaf
Copyright © ANTARA 2021