Jadi sebetulnya kami sudah melakukan sinergi antara BI, Bank Sentral Thailand, bank setelmen, switching, dan PJP
Jakarta (ANTARA) - Pejabat Bank Indonesia (BI) mengatakan tiga bank di Indonesia telah mengawali setelmen Quick Response (QR) antarnegara dengan Thailand, yakni Bank Central Asia (BCA), Bank Rakyat Indonesia (BRI), dan Bank Negara Indonesia (BNI).

"Ketiga bank ini terlebih dahulu mengikuti piloting menjadi bank setelmennya," ucap Asisten Gubernur Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI Filianingsih Hendarta dalam taklimat media secara daring di Jakarta, Senin.

Selanjutnya, ia mengatakan saat program QR antarnegara sudah berjalan, seluruh bank yang memiliki izin penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) akan dipersilahkan menjadi bank setelmen.

Sementara dari Thailand, perbankan yang menjadi bank setelmen penggunaan QR lintas batas dengan Indonesia yakni Bank of Ayudhya dan CIMB Thai.

Kemudian untuk perusahaan switching yang berpartisipasi dalam program ini yaitu Prima, Alto, Jalin, dan Artajasa dari Indonesia, serta ITMX dari Thailand.

Selain itu, Filianingsih menyebutkan terdapat 11 Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) Indonesia yang ikut menjadi pengawal program QR antarnegara dengan Thailand, di antaranya yaitu Shopeepay, Dana, Link Aja, Bank Mandiri, Bank CIMB Niaga, Telkom Indonesia, dan Bank Syariah Indonesia (BSI).

"Jadi sebetulnya kami sudah melakukan sinergi antara BI, Bank Sentral Thailand, bank setelmen, switching, dan PJP," katanya.

Ia pun menjelaskan, QR antarnegara akan mempermudah transaksi masyarakat Indonesia saat bepergian ke luar negeri lantaran tidak harus menukar uang tunai, melainkan cukup meng-scan QR negara tersebut dan otomatis saldo di bank atau dompet digital berkurang sesuai kurs yang berlaku.

Biaya komisi yang diterapkan saat meng-scan QR antarnegara yang telah bekerja sama dengan Indonesia juga akan lebih murah daripada biaya saat menukar uang di money changer.

Baca juga: Bank Indonesia dan Bank Sentral Thailand luncurkan QR lintas batas

Baca juga: Bank Indonesia jajaki kerja sama QR antarnegara dengan Malaysia

 

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2021