Timnas BMX junior buat sejarah dengan tembus semifinal Kejuaraan Dunia

id balap sepeda,Timnas BMX,PB ISSI

Timnas BMX junior buat sejarah dengan tembus semifinal Kejuaraan Dunia

Pebalap junior BMX Indonesia (kiri ke kanan) Alfauzan, Jasmine Azzahra, Amellya Nur Sifa, dan Aditya yang mengikuti BMX World Championships U-18 di Papendal, Belanda, pada 17-22 Agustus 2021. ANTARA/HO-PB ISSI.

Jakarta (ANTARA) - Dua dari empat atlet tim nasional BMX junior Indonesia mencetak sejarah dengan menembus babak semifinal dalam Kejuaraan Dunia BMX di Papendal, Belanda pada 21-22 Agustus 2021.

Kedua atlet tersebut adalah Jasmine Azzahra dan Amellya Nur Sifa.

Namun, baik Jasmine Azzahra maupun Amellya Nur Sifa belum mampu bersaing di babak final setelah keduanya gagal menempati posisi pertama saat semifinal.

Dalam laga semifinal yang berlangsung Minggu (22/8), Jasmine menempati posisi keenam dari delapan peserta yang tergabung dalam Heat 1. Sedangkan Amellya finis di urutan kedelapan Heat 2, demikian catatan resmi Federasi Balap Sepeda Internasional (UCI).

Hasil tersebut menjadi catatan sejarah bagi Indonesia sebagai satu-satunya negara Asia yang meloloskan atlet junior putri ke semifinal Kejuaraan Dunia.

Sementara itu, dua atlet putra timnas BMX junior, yakni Aditya Putu dan Alfauzan kandas sejak babak penyisihan. 

Baca juga: Empat atlet Indonesia turun di BMX World Championships U-18 Belanda 

Adapun gelar juara kelas men dan women junior masing-masing direbut oleh pebalap Prancis Louison Rousseau dan Mariane Beltrado.

Di kelas elite, podium utama Kejuaraan Dunia di Papendal diraih oleh pebalap Inggris Raya Bethany Shriever dan pebalap tuan rumah Niek Kimmann yang sebelumnya memenangi medali emas di Olimpiade Tokyo. 

Usai Kejuaraan Dunia, timnas BMX junior tidak akan langsung pulang ke Tanah Air. Mereka akan bermukim selama tiga tahun di Belanda untuk melanjutkan program pelatihan (staycamp) demi mengumpulkan poin supaya lolos kualifikasi Olimpiade 2024 Paris.

Belanda dipilih sebagai tempat pelatihan karena merupakan salah satu negara terbaik di dunia untuk balap sepeda. Pada Olimpiade Tokyo 2020, Negeri Kincir Angin itu meraih medali perunggu di kategori BMX putri dan medali emas BMX putra hanya dengan berlatih di sirkuit supercross mereka di Papendal.

Selain berlatih di Belanda, para atlet Indonesia juga diagendakan mengikuti berbagai kejuaraan BMX di Eropa, mulai dari kejuaraan level C1 Series, European Series, hingga World Cup dan World Championships. 

Baca juga: Atlet BMX Indonesia jalani TC di Belanda tiga tahun demi Paris 2024 
Baca juga: Niek Kimmann dan Bethany Shriever rebut emas BMX Olimpiade Tokyo 

Baca juga: Popularitas balap sepeda melonjak di Olimpiade Tokyo 
 


Pewarta : Shofi Ayudiana
Editor: Rr. Cornea Khairany
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar