Tanah Datar punya sekitar 10 ribu hafiz

id hafiz tanah datar,rumah tahfiz,penghafal al quran

Tanah Datar punya sekitar 10 ribu hafiz

Arsip foto - Kegiatan hafiz atau penghafal Al Quran di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. ANTARA.

Batusangkar (ANTARA) - Penghafal Al Quran atau hafiz di Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat, terus bertambah dan jumlahnya kini mencapai sekitar 10 ribu orang.

"Kalau kita hitung berdasarkan yang ada di e-tahfiz ada sekitar 10 ribu lebih hafiz dan hafizah berdasarkan jumlah santri dan rumah tahfiz serta kelulusan pada kegiatan waqaf 1.000 hafiz," kata Bupati Tanah Datar Eka Putra di Batusangkar, Senin.

Menurut dia, peningkatan jumlah penghafal Al Quran di Tanah Datar tidak lepas dari upaya pemerintah kabupaten dalam membangun rumah tahfiz.

Sejak dicanangkan tahun 2016 sampai sekarang, jumlah rumah tahfiz di Kabupaten Tanah Datar telah bertambah dari enam menjadi 237.

"Alhamdulillah pada tahun ini kita telah memiliki 237 rumah tahfiz dan telah melaksanakan lima kali kegiatan waqaf 1.000 hafiz," kata Bupati.

Ia berharap jumlah rumah tahfiz dan penghafal Al Quran di Tanah Datar terus bertambah setelah peluncuran program satu rumah satu hafiz, yang diharapkan bisa mewujudkan kehidupan masyarakat yang aman, makmur, dan penuh keberkahan.

Sementara itu, Pembina Rumah Tahfiz Kabupaten Tanah Datar Afrizon mengatakan bahwa program kabupaten tahfiz adalah program berkelanjutan.

Ia menjelaskan, program yang digagas oleh Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi itu dimulai lima tahun lalu dan diperkuat oleh pemimpin daerah selanjutnya.

Baca juga:
Jawa Timur berikan tunjangan kepada penghafal Al Quran
Hafiz Al Quran bebas pilih sekolah di Jember

Pewarta : Laila Syafarud
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar