tidak semua tervaksin karena terhalang syarat kesehatan
Jakarta (ANTARA) - Kota Jakarta Barat membuka gerai vaksin khusus pelaku unit usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di pasar Kamal, Kalideres, Jakarta Barat mulai Selasa.

Gerai vaksin tersebut dibuka dari pukul 09.00 hingga 12.00 mulai Selasa ini sampai Jumat (27/8) mendatang.

Menurut Kepala Suku Dinas Perindustrian Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Sudin PPKUKM) Jakarta Barat Nuraini Silviana, program tersebut digelar untuk memudahkan pelaku UMKM mendapat vaksin.

Baca juga: 168 pelaku UMKM di Cengkareng ikut program vaksinasi massal

Menurut Silvi, sejauh ini beberapa pelaku UMKM memang tercatat belum mendapatkan vaksinasi tahap satu dan tahap dua dari pemerintah.

Hal itu terlihat dari masih banyaknya pelaku UMKM mendatangi gerai vaksin yang digelar pihaknya.

" Sejauh ini ada 128 orang yang terdaftar. Tapi tidak semua tervaksin karena terhalang syarat kesehatan," kata dia saat ditemui di sentra vaksin pasar Kamal.

Pihak Silvi sendiri tidak punya target berapa pelaku UMKM yang harus mengikuti program vaksinasi massal yang dia buat. Pasalnya sebagian pelaku UMKM pasti sudah ikut vaksin di setiap puskesmas kecamatan setempat.

Baca juga: 632 warga ikuti vaksinasi di Gereja Santa Maria Imakulata Kalideres

"Kami tidak ada target. Kami maksimalkan sebanyak banyak mungkin. Dan kami juga buka kesempatan untuk warga sekitar yang ikut vaksin," kata Silvi.

Dia berharap program yang berlangsung selama empat hari ini bisa membantu pemerintah pusat dalam mempercepat penyebaran vaksin ke seluruh masyarakat.

Sebelumnya, pihak Silvi juga sempat menggelar program yang sama di Lokasi Binaan (Lokbin) Rawa Buaya, Cengkareng, Jakarta Barat, Senin (23/8).

Baca juga: Hingga 17 Agustus, 240 ribu warga Jakbar ikut "Vaksinasi Merdeka"

Tercatat ada 168 orang yang terdiri dari pelaku UMKM dan warga sekitar yang mengikuti program vaksinasi massal tersebut.

Untuk diketahui, berbagai program vaksinasi massal telah bergulir di Jakarta Barat sejak Juli lalu. Salah satu programnya yakni "Vaksinasi Merdeka" yang digelar oleh Polres Metro Jakarta Barat.

Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Ady Wibowo memastikan saat ini program "Vaksinasi Merdeka" di wilayahnya telah mencapai 240.000 warga.

Peserta vaksinas tersebut mengikuti program "Vaksinasi Merdeka" di gerai yang tersebar di seluruh kecamatan wilayah Jakarta Barat (Jakbar).

"Closing-nya 240.000 orang. Kalau kita bilangnya tercapai target maksimal karena enggak mungkin 100 persen," kata Ady.

Walau sudah mencapai angka 240.000 peserta, program "Vaksinasi Massal" bentukan Polda Metro Jaya itu akan terus bergulir.

Pewarta: Walda Marison
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021