Sahbirin-Muhidin dilantik jadi gubernur Kalsel di Istana Negara Rabu

id Pemprov Kalsel,pelantikan

Sahbirin-Muhidin dilantik jadi gubernur Kalsel di Istana Negara Rabu

Rapat Pleno KPU Kalsel menetapkan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur terpilih H Sahbirin Noor dan H Muhidin di Pilkada 2020.(Antaranews Kalsel/Ist).

Banjarmasin (ANTARA) - Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan periode 2021-2024 Sahbirin Noor dan H Muhiddin dijadwalkan dilantik di Istana Negara pada Rabu (25/8) oleh Presiden Joko Widodo.

Kepastian pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel tersebut setelah Sekretaris Daerah Roy Rizali Anwar bersama pejabat terkait, mengikuti rapat terbatas dengan pihak Sekretariat Negara dan Protokol Istana, secara virtual di Banjarbaru Selasa siang.

Menurut Roy, berdasarkan hasil rapat, acara pelantikan akan diawali prosesi gladi bersih oleh pihak protokol istana yang dijadwalkan sekitar pukul 11.30 WIB.

"Insya Allah jika tidak ada kendala pelantikan pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel terpilih akan digelar di Istana Negara, pada Rabu," kata Roy, ditemui sebelum keberangkatannya ke Jakarta.

Baca juga: KPU tetapkan BirinMU pasangan terpilih Pilkada Kalsel 2020

Didampingi Plt Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Kalsel R Suria F, Sekda mengatakan, sesuai jadwal yang telah disampaikan saat rapat, Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel akan dilantik Presiden RI Joko Widodo sekitar pukul 13.30 WIB.

Terkait pejabat atau pihak yang mendampingi saat pelantikan, Roy mengatakan sudah ada protap resmi dari pihak istana.

"Yang jelas pelantikan menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan dengan jumlah undangan terbatas," katanya.

Baca juga: Menjaga tradisi pilkada damai di Kalsel

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Selatan menetapkan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur nomor urut 01 H Sahbirin Noor dan H Muhidin (BirinMU) terpilih pada Pemilu Kepada Daerah (Pilkada) Kalsel tahun 2020.

Penetapan pasangan terpilih Pilkada Kalsel setelah Pemungutan Suara Ulang (PSU) hasil Ketetapan Mahkamah Konsitusi (MK) tersebut tertuang dalam rapat pleno yang digelar KPU Kalsel di Hotel Golden Tulip Banjarmasin, Rabu.

"Secara sah hari ini kita tetapkan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur nomor urut 01, H Sahbirin Noor dan H Muhidin terpilih pada Pilkada Kalsel 2020," ujar Ketua KPU Kalsel Sarmuji usai acara rapat pleno tersebut.

Baca juga: KPU RI apresiasi warga antusias ikuti PSU Kalsel

Pewarta : Ulul Maskuriah
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar