Minahasa Utara (ANTARA) - Wakil Menteri Perdagangan  Jerry Sambuaga Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) harus ditunjukkan, dilaksanakan dan jangan hanya menjadi slogan.

​​​​"Bangga Buatan Indonesia jangan hanya sekadar slogan, tetapi harus ditunjukkan dalam kehidupan setiap hari," ujar Wamendag, saat pencanangan pembangunan Pusat Jajanan Kuliner dan Cendera Mata (PJKC) Likupang, Minahasa Utara, Rabu.

Wamendag mencontohkan saat dirinya menggunakan kain batik khas Pinabetengan yang menjadi produk khas Sulut, ini adalah bagian dari kecintaan terhadap produk-produk Indonesia.

"Kita tunjukkan bahwa kita mempunyai produk baik dan berkualitas. Saya hampir setiap hari menggunakan kalau tidak kain, batik, atau tenun yang merefleksikan kekayaan yang kita punya seluruh daerah, ini produk potensial ekspor ke depannya," katanya.

Wamen juga menunjukkan jam tangan yang dipakainya 100 persen produk buatan Indonesia, di mana bahan kayunya asli dari pulau Siau, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulut.

"Bangga dengan produk lokal, bangga dengan produk Sulut, itu yang saya coba selalu promosikan," katanya.

Begitupun dengan sepatu berwarna pastel yang dipakainya, juga 100 persen buatan Indonesia.

"Khusus warna pastel ini bisa cari di media sosial, namanya Jerry, ada sepatu namanya Jerry Sambuaga karena yang jual senang saya beli, jadi kalau cari sepatu Jerry Sambuaga ada," katanya.

Artinya, mempromosikan produk lokal dari kepala sampai kaki, produk lokal, dimulai dari diri sendiri.

"Kalau bukan kita, siapa lagi? Kalau bukan sekarang, kapan lagi? Slogan harus dipraktekkan, ada keberpihakan produk lokal dari Sulut," ujarnya.

Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia 2021 juga selaras dengan fokus Bank BNI untuk mendukung sektor UMKM melalui rangkaian kegiatan “Gelegar Entrepreneur”.

Rangkaian kegiatan tersebut meliputi program Enterprenuer Heroes, Festival Ide Bisnis, Pasar Digital UMKM, BNI Trade Forum, dan Xpora, yang membawa UMKM Indonesia menjadi lebih maju, berkembang dan “Lompat Lebih Tinggi” menuju globalisasi dan digitalisasi.

Pulau Sulawesi jika dilihat dari sisi historical merupakan satu-satunya wilayah yang berhasil menjelajahi dunia dengan membawa produk rempah-rempah unggulannya, yang secara tidak langsung produk tersebut sudah mampu 'Go Internasional'.

Tak hanya itu, Pulau Sulawesi memiliki objek wisata yang indah dan menarik serta budaya yang beragam.

Hal ini menginspirasi BNI untuk mengapresiasi para pendahulu di Sulawesi dalam mengarungi dunia melalui kampanye Bangga Buatan Indonesia #PelangiSulawesi dengan tagline Dari Sulawesi ke Mancanegara.

Kampanye ini diharapkan dapat meningkatkan kecintaan masyarakat Indonesia terhadap produk Sulawesi, serta dapat membawa produk tersebut ke kancah Internasional.
Baca juga: BNI dukung kampanye Gernas BBI lewat "webinar" bertajuk UMKM
Baca juga: BI harap Gernas BBI-BWI Pelangi Sulawesi tingkatkan penggunaan QRIS

 

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Royke Sinaga
Copyright © ANTARA 2021