Jakarta (ANTARA) - Hasil survei yang dilakukan Voxpopuli Research Center menunjukkan elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mencapai 20,4 persen jauh unggul dibandingkan Ketua DPR RI Puan Maharani 1,3 persen dan Airlangga Hartarto 1,1 persen.

"Di tengah perang baliho para politisi, elektabilitas Puan dan Airlangga masih di papan bawah, sedangkan yang paling unggul justru Ganjar," kata Direktur Komunikasi Voxpopuli Research Center Achmad Subadja dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Capaian elektabilitas Gubernur Jawa Tengah yang juga kader PDIP tersebut berbanding terbalik dengan Puan Maharani dan Ketua Umum DPP Golkar yang belakangan marak menyosialisasikan diri melalui baliho di Tanah Air.

Baca juga: Ganjar gencarkan penggunaan aplikasi PeduliLindungi

Achmad mengatakan Ganjar sudah lama membangun "branding" sebagai kepala daerah yang layak maju ke pentas politik nasional. Figur kepala daerah menuai dukungan setelah Jokowi sukses menapaki tangga kekuasaan dari Wali Kota Solo, Gubernur DKI Jakarta hingga duduk sebagai Presiden.

Kemunculan Jokowi membuka jalan bagi kepala daerah lainnya. Di sisi lain, figur-figur yang berasal dari trah partai politik makin mendapat saingan. Misalnya, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto yang kini posisinya tergeser oleh Ganjar dengan meraih elektabilitas 17,2 persen.

Prabowo yang juga menjabat Menteri Pertahanan dibayang-bayangi oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang memperoleh elektabilitas 13,0 persen. Berikutnya, Menteri Pariwisata Sandiaga Uno 8,1 persen dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 6,2 persen.

Baca juga: Ganjar usul satu juru bicara untuk koordinasi dengan UNESCO

"Tokoh partai yang cukup bersinar adalah Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan elektabilitas 5,6 persen," kata Achmad.

AHY tampaknya diuntungkan oleh lonjakan elektabilitas Partai Demokrat yang dipimpinnya sebagai partai utama di kubu oposisi.

Tokoh-tokoh lainnya Menteri Sosial Tri Rismaharini 4,8 persen, Menteri BUMN Erick Thohir 4,2 persen, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa 3,0 persen, Pelaksana Tugas Ketua Umum PSI Giring Ganesha 2,6 persen, dan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD 1,0 persen.

"Tampaknya figur-figur kepala daerah banyak didukung publik, selain menteri dalam kabinet dan tokoh partai," kata dia.

Survei Voxpopuli Research Center dilakukan pada 10 hingga 20 Agustus 2021 melalui sambungan telepon kepada 1.200 responden di seluruh Indonesia yang dipilih secara acak dari survei sebelumnya sejak 2019. Margin of error survei sekitar 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca juga: Ganjar: Aturan uji coba-pembukaan destinasi wisata masih dibahas

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2021