Jakarta (ANTARA) - Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri menyalurkan bantuan 1.000 paket sembako untuk pedagang kaki lima (PKL) terdampak pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di DKI Jakarta

"Sekitar 1.000 paket sembako dibagikan untuk rekan-rekan pedagang kaki lima yang selama ini mungkin merasakan dampaknya karena pendapatannya dari ke hari alami penurunan," kata Kepala Korlantas Polri Irjen Pol.  Istiono dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Penyaluran bantuan itu, kata dia, bekerja sama dengan Asosiasi Pedagang Kaki Lima Indonesia (APKLI).

Penyerahan secara simbolis dilakukan Istiono di kawasan Pasar Rebo, Jakarta Timur. Istiono tampak berbincang-bincang ke beberapa pedagang untuk mendengarkan keluhan para pedagang selama masa pandemi COVID-19.

"Selama ini saya jualan di sekolah. Namun, berhubung sekolah libur jadi susah. Saya tetap berjualan tetapi keliling," kata pedagang batagor Taufiq kepada Kakorlantas Istiono.

Selain itu, Istiono juga menanyakan ihwal vaksinasi COVID-19. Sebagian besar para pedagang sudah dilvaksin.

Sementara itu, Ketua APKLI Ali Maksun Atmo mengatakan bahwa pihaknya selalu mendorong para pedagang kaki lima agar selalu bersemangat pada masa pandemi.

Selain itu, kata Ali, pihaknya juga mendorong para pedagang mengikuti vaksinasi COVID-19.

"Sejak Maret 2020 kami terus mendampingi PKL Pak dari dua sisi. Satu sisi tetap optimistis tetap berjualan untuk mengais rezeki. Satu sisi tetap kami dorong untuk taat protokol kesehatan dan segera melakukan vaksinasi COVID-19," tutur Ali.

Istiono menambahkan bahwa Polri akan selalu berada bersama masyarakat meskipun pada masa-masa sulit.

Ia juga mengingatkan kepada para PKL agar selalu menerapkan protokol kesehatan saat berjualan.

"Pesan untuk rekan-rekan yang terpenting adalah jaga prokes. Sekali lagi, yang terpenting lagi adalah pakai masker di mana saja, di tempat umum," kata Istiono.

Baca juga: Kakorlantas Polri tinjau Vaksin Center Polda Riau

Baca juga: Kakorlantas ajak semua pihak kerjasama sukseskan vaksinasi COVID-19

 

Pewarta: Fauzi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2021