Kendari (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) memberikan apresiasi kepada pebulu tangkis Apriyani Rahayu yang meraih medali emas bulu tangkis ganda putri Olimpiade Tokyo 2020 dengan hadiah satu unit mobil.

Gubernur Sultra Ali Mazi di Kendari, Jumat, mengatakan pemerintah dan masyarakat setempat memberikan apresiasi dan penghargaan atas apa yang telah diraih dan dipersembahkan oleh Apriyani Rahayu bagi bangsa dan negara.

"Saya selaku Gubernur Sulawesi Tenggara memberikan hadiah berupa satu unit mobil baru merek Toyota kepada Ananda Apriyani Rahayu," kata Gubernur.

Selain itu bentuk apresiasi dan penghargaan lainnya untuk mengenang prestasi peraih medali emas tersebut adalah memberi nama gelanggang olahraga yang beralamat di Jalan Sao-Sao, Kota Kendari dengan nama "GOR Apriyani Rahayu Sultra".

Gubernur berharap ke depan akan muncul Apriyani-Apriyani lainnya dari berbagai cabang olahraga yang juga dapat mengangkat harkat dan martabat daerah sekaligus bangsa melalui prestasi yang gemilang.

"Kami pemerintah daerah dan seluruh elemen masyarakat berdoa semoga Apriyani Rahayu terus mengukir prestasi terbaik yang selalu dikenang rakyat Indonesia," kata Gubernur Ali Mazi.

Baca juga: Apriyani Rahayu: Sultra tempat saya ditempa sehingga ukir sejarah

Sementara itu, Apriyani Rahayu mengaku bahwa prestasi yang diukir bersama pasangannya Greysia Polii di kancah internasional sebuah prestasi yang diharapkan bisa menjadi acuan bagi pemuda-pemuda lainnya di provinsi itu.

Peraih medali emas itu mengajak seluruh anak muda untuk selalu optimistis bahwa pemuda di Sultra bisa mencetak sejarah di kancah internasional dan membanggakan keluarga.

"Di sini saya hanya mau bicara, ini bukan hanya kemenangan tetapi ini juga bisa menjadi acuan yang ada di Sultra," kata Apriyanj.

Ia juga berterima kasih kepada seluruh masyarakat Indonesia khususnya juga di Sulawesi Tenggara karena selalu mendoakan dirinya sehingga bisa mengharumkan nama provinsi itu dan Indonesia secara umum.

"Terima kasih, saya bisa terus berprestasi dan mohon doanya masyarakat Sultra sehingga bisa bisa meraih lagi prestasi ke depannya. Terima kasih untuk penghargaannya," ujar Apriyani.

Apriyani diterima langsung oleh Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi bersama Ketua DPRD Sultra Abdurrahman Shaleh, Sekretaris Daerah Sultra Nur Endang Abbas dan jajaran Forkopimda di Rumah Jabatan Gubernur.

Apriyani setelah menerima hadiah dari Pemprov Sultra itu rencananya akan melanjutkan ziarah ke makam ibunya dan bertemu pemerintah Kabupaten Konawe yang merupakan kampung halamannya.

Baca juga: Menpora apresiasi perhatian swasta terhadap olahraga Indonesia
Baca juga: Greysia/Apriyani sebut pertemuan dengan Presiden momen tak terlupakan
Baca juga: Kisah di balik lensa: Saat ANTARA abadikan momen emas Greysia/Apriyani

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021