Kominfo jalin kolaborasi ciptakan talenta digital

id kominfo,hary budiarto,digital talent scholarship,kemenperin

Kominfo jalin kolaborasi ciptakan talenta digital

Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Semuel A Pangerapan (kanan) bersama Digital Hub Project Leader Sinar Mas Land Irawan Harahap (keempat kanan) melihat anak didik membuat dan merancang aplikasi digital seusai meresmikan Binar Academy di The Breeze BSD City, Serpong, Tangerang, Banten, Rabu (12/12/2018). ANTARA FOTO/MUHAMMAD IQBAL.

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian untuk menciptakan talenta digital yang memiliki kompetensi sesuai dengan kebutuhan industri, sebagai bagian upaya mewujudkan Making Indonesia 4.0.

"Kominfo kembali mempertajam upaya mencetak sumber daya manusia dengan kompetensi digital yang sesuai dengan kebutuhan industri. Melalui kerja sama ini diharapkan dapat mendorong percepatan peningkatan daya saing sumber daya manusia industri dan komunikasi dan informatika," kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kementerian Kominfo, Hary Budiarto, dalam keterangan pers, dikutip Sabtu.

Kominfo pada Jumat (27/8) menandatangani nota kesepahaman dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kementerian Perindustrian untuk Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri.

Baca juga: Kominfo berupaya Indonesia siap hadapi transformasi digital

Dalam kerja sama tersebut, kedua kementerian akan melakukan sinergi program unggulan yang ada di masing-masing kementerian.

Program yang dimaksud antara lain adalah Digital Talent Scholarship, Program Pelatihan 3 in 1, Program Pendidikan Setara Diploma Satu dan Digital Capability Center.

Lulusan program Digital Talent Scholarship 2021 akan berpeluang mengikuti pelatihan industri yang diadakan BPSDMI Kementerian Perindustrian.

Dalam keterangan yang sama, Kepala BPSDMI Kementerian Perindustrian, Arus Gunawan, menyatakan sinergi ini bertujuan meningkatkan penguasaan teknologi agar sumber daya manusia di bidang industri memiliki daya saing.

Baca juga: Talenta digital tingkatkan daya saing bangsa

"Dengan sinergisitas yang dibangun, diharapkan bisa menjadi pendukung pencapaian sasaran pemerintah dalam Making Indonesia 4.0 untuk membuka peluang 7-19 juta lapangan pekerjaan baru di sektor manufaktur maupun non-manufaktur pada tahun 2030," kata Arus.

Digital Talent Scholarship merupakan program unggulan Kominfo untuk mencetak talenta digital, meningkatkan daya saing digital, dan memenuhi kebutuhan tenaga kerja bidang teknologi informasi dan komunikasi.

Kominfo juga menyiapkan lokapasar pekerjaan bernama Sistem Monitoring Alumni Sertifikasi Kominfo (SIMONAS) untuk mempertemukan lulusan Digital Talent Scholarship dengan dunia industri.

Baca juga: Kominfo tingkatkan inklusivitas gender di sektor TIK

Baca juga: Pemerintah terapkan digitalisasi tangani pandemi

Pewarta : Natisha Andarningtyas
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar