Jakarta (ANTARA) - Penyanyi Andien bersama dengan jenama fesyen wanita Calla the Label asal Bandung berkolaborasi mengeluarkan lini busana yang mendukung kelestarian lingkungan dan juga bisa mendorong para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) wanita agar semakin bisa memiliki daya saing di pasar nasional.

Koleksi busana ini tersedia untuk pria maupun wanita dengan koleksi set outerwear, dress, trousers, dan oversized tshirts yang memiliki motif terinspirasi dari elemen- elemen yang ada di alam.

Sebagian dari hasil penjualan koleksi kolaborasi Andien dan Calla The Label akan disalurkan kepada para pelaku UMKM wanita di daerah yang jauh dari akses perkotaan.

"Ini adalah bentuk peduli dari UMKM untuk sesama UMKM," ujar pendiri Calla The Label Yerri Afriyani dalam keterangannya, Senin.

​​​​​Baca juga: Andien rilis video musik "Jendela Waktu" yang bermakna perpisahan

Ada dua motif yang dihasilkan dari kerjasama ciamik antara Andien serta Calla The Label.
Koleksi busana terbaru ANDIEN bersama Calla The Label dukung keberlanjutan alam dan juga UMKM wanita. Motif pertama "Lucid Fluid". (ANTARA/HO/Calla The Label)


Motif pertama bernama "Lucid Fluid" yang bercerita tentang air.

Menurut Andien, motif ini ibarat sebuah doa supaya kita bisa menjalani hidup seperti air: mengalir, fleksibel,namun di saat yang bersamaan air juga merupakan elemen yang lembut dan kuat.
Koleksi busana terbaru ANDIEN bersama Calla The Label dukung keberlanjutan alam dan juga UMKM wanita. Motif kedua "Blooming Blossom". (ANTARA/HO/Calla The Label)


Sementara motif kedua dinamakan "Blooming Blossom" terinspirasi dari bunga yang mekar.

"Menanam bunga sama dengan menanam harapan dan kita bisa belajar banyak dari siklus bunga yang ditanam: bagaimana biji bunga dikubur saat ditanam, bunga yang tumbuh perlahan, sampai pada akhirnya mekar sempurna," kata Andien.

Untuk mendukung tema alam pada motif- motif busananya, koleksi busana itu menggunakan bahan ramah lingkungan yaitu serat TENCEL.

Serat TENCEL merupakan bahan yang terbuat dari pulp kayu dan menjadi bahan dasar pembuatan benang ini memiliki sejumlah keunggulan yang dapat memberikan nilai lebih terhadap produk pakaian.

Koleksi Calla The Label dengan serat TENCEL bisa dirasakan penggunanya dengan tekstur yang lembut, warna yang cerah dan tahan lama, serta nyaman
untuk kulit sensitif.

Tentunya serat ini pun membuat pakaian terasa nyaman saat dipakai karena memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga pakaian tetap kering dan mencegah timbulnya iritasi akibat bakteri.

“Tak hanya dibuat dengan bahan yang alami dan tersertifikasi untuk kebutuhan industri, serat TENCEL juga melalui proses produksi yang bertanggung jawab dan memiliki jumlah buangan atau waste yang sangat sedikit. Melalui koleksi terbaru kolaborasi Calla The Label, Andien, dan serat TENCEL, kami terus berkomitmen untuk menjawab keinginan konsumen terhadap produk pakaian yang tidak hanya stylish, tetapi juga ramah terhadap alam,” ujar Regional Marketing & Branding Manager, SEA & Oceania Lenzing Mariam Tania yang bertanggung jawab menyediakan serat TENCEL.

Diharapkan dengan dikeluarkannya koleksi busana ini, masyarakat tidak hanya mendukung kelestarian lingkungan secara berkelanjutan tapi juga mendukung produktivitas para pelaku UMKM perempuan sehingga kegiatan bisnis di Indonesia semakin setara.

Baca juga: Andien gandeng Tompi dan Ifa Fachir hadirkan single baru

Baca juga: Andien & Studio Mardis hadirkan koleksi pakaian multi-fungsi

Baca juga: Pengalaman hidup selama pandemi bagi Andien hingga Nikita Willy

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021