Alhamdulillah Bendungan Kuningan di Provinsi Jawa Barat yang telah dibangun selama tujuh tahun dengan biaya Rp513 miliar hari ini selesai dan siap untuk difungsikan
Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Kuningan di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

"Alhamdulillah Bendungan Kuningan di Provinsi Jawa Barat yang telah dibangun selama tujuh tahun dengan biaya Rp513 miliar hari ini selesai dan siap untuk difungsikan," kata Presiden Jokowi di lokasi bendungan Kuningan pada Selasa.

Saat meresmikan bendungan tersebut, Presiden Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretariat Negara Pratikno, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Bupati Kuningan Acep Purnama, serta pejabat terkait lainnya.

"Dengan kapasitas tampung 25,9 juta meter kubik dan akan mensuplai air secara kontinu, menyediakan air pertanian irigasi bagi 3.000 hektare sawah masyarakat di Kabupaten Kuningan, Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Brebes," ungkap Presiden Jokowi.

Jika sumber air irigasi terus terjaga, menurut Presiden Jokowi, petani bisa menambah frekuensi tanamnya dari satu kali setahun menjadi 2 hingga 3 kali setahun.

Baca juga: Bendungan Kuningan mampu tampung 25,9 juta meter kubik

"Sehingga dapat meningkatkan produksi dan juga berdampak pada kesejahteraan petani kita," tambah Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi mengungkapkan Bendungan Kuningan juga sangat bemanfaat untuk ketahanan air, mengendalikan banjir, menyediakan air baku sebanyak 0,30 meter kubik per detik serta menghasilkan listrik 0,5 mega watt.

"Saya minta bendungan ini disambungkan dengan penataan jaringan irigasi mulai saluran primer, saluran sekunder, saluran tersier sampai kekuarter, hal ini penting ditekankan agar bendungan benar-benar bermanfaat menyediakan ari irigasi bagi petani," ungkap Presiden Jokowi.

Tujuannya adalah agar bendungan bisa memberikan nilai tambah bagi daerah bukan saja meningkatkan produktivitas pertanian.

"Tapi juga memudahkan penyediaan air bersih yang bermanfaat bagi kepentingan masyarakat," tegas Presiden Jokowi.

Bendungan Kuningan berdiri di lahan seluas 302,26 hektare di Kecamantan Cibeureum dan dikerjakan oleh kontraktor WIKA-Brantas Abipraya KSO.

Baca juga: Presiden: pembangunan delapan waduk selesai tahun ini

Pewarta: Desca Lidya Natalia
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021