Tangerang Bangkit itu adalah bentuk semangat pantang menyerah
Tangerang (ANTARA) - Pemerintah Kota Tangerang sedang menyiapkan Program Tangerang Bangkit  yang berisi program pemulihan ekonomi, kemudahan mendapatkan vaksin hingga pembangunan yang melibatkan masyarakat secara langsung dengan menyasar warga di 104 kelurahan.

"Program Tangerang Bangkit itu dalam rangka mendukung tagline Presiden Joko Widodo yakni Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh sebagai tema HUT Ke-76 Kemerdekaan RI," kata
Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah di Tangerang Selasa.

Arief menuturkan, pandemi yang terjadi hampir dua tahun lebih telah berdampak pada bidang sosial, ekonomi, kesehatan, pendidikan dan gaya hidup masyarakat. "Untuk membantu warga terdampak, Pemkot sudah menyalurkan berbagai bantuan pangan maupun tunai kepada masyarakat," katanya.

Kini, seiring dengan semakin menurunnya kasus COVID-19 secara nasional dan banyak warga telah divaksin, Pemkot mulai menyiapkan terobosan program dalam menumbuhkan ekonomi maupun kesehatan masyarakat melalui Program Tangerang Bangkit.

Baca juga: Indonesia tangguh, Indonesia tumbuh melawan COVID-19
Baca juga: Zulkifli: Pandemi ujian tunjukkan Indonesia sebagai bangsa tangguh


Program Tangerang Bangkit, lanjut Wali Kota, sejalan dengan tema HUT Ke-76 Kemerdekaan RI yang disampaikan Presiden Joko Widodo yakni "Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh" berupa harapan bangsa dalam menghadapi pandemi dengan bahu-membahu.

Ia mengatakan, program itu menitikberatkan pada keterlibatan warga secara langsung dalam menghadapi pandemi. Pemkot menyediakan sarana yang jadi kebutuhan warga untuk terus tumbuh dan bangkit menggapai harapan. Program ini menyasar 104 Kelurahan dengan semangat pembangunan gotong royong melibatkan peran serta masyarakat.

"Tangerang Bangkit itu adalah bentuk semangat pantang menyerah menghadapi krisis pandemi. Kebangkitan ini dapat dilakukan secara bergotong-royong seperti yang diinginkan Presiden Joko Widodo sebagai harapannya kepada masyarakat," katanya.

Wali Kota juga menuturkan Tangerang Bangkit sejalan dengan tagline Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh yang menitikberatkan kepada gerakan sosial masyarakat untuk menata ketahanan pangan, pelatihan kerja dan sebagainya akan jadi bagian dari Program Tangerang Bangkit.

Selain itu, Pemkot Tangerang juga membuka ide dan gagasan dari berbagai pihak untuk pembangunan kota yang berkelanjutan sesuai dengan karakteristik wilayah yang ada.

Di sisi lain, aparat di 13 Kecamatan dan 104 Kelurahan juga sudah menyiapkan program dalam waktu dekat yang melibatkan peran warga yang bersentuhan dengan lapangan kerja untuk pemulihan ekonomi.

Baca juga: PMI Kota Tangerang optimalkan layanan donor plasma
Baca juga: Wali Kota Tangerang ajak asosiasi bantu penjualan UMKM
Baca juga: Wali Kota Arief usul inovasi teknologi 'vertikal garden' sebagai RTH


 

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021