Jakarta (ANTARA) - Microsoft mengumumkan Windows 11 akan dirilis pada 5 Oktober mendatang.

Sistem operasi terbaru Windows 11 kabarnya akan tersedia dengan peningkatan gratis untuk PC Windows 10 yang memenuhi syarat, atau pada perangkat baru yang disertakan dengan Windows 11.

Dikutip dari The Verge, Rabu, pembaruan gratis ke Windows 11 ini akan mulai diluncurkan pada 5 Oktober. Namun, Windows 11 dinilai tidak memiliki banyak perubahan dibandingkan dengan versi sebelumnya.

Baca juga: Microsoft Teams akan diintegrasikan ke Windows 11

Windows 11 juga dikabarkan akan tersedia secara bertahap. Perangkat baru yang memenuhi syarat akan dapat menikmati versi terbaru ini terlebih dulu. Kemudian, Windows 11 baru akan tersedia untuk lebih banyak perangkat dalam beberapa minggu atau bulan setelah perilisan pertamanya.

"Mengikuti pembelajaran luar biasa dari Windows 10, kami ingin memastikan bahwa kami memberi Anda pengalaman terbaik,” jelas Aaron Woodman, Manajer Umum pemasaran Windows di Microsoft.

“Kami berharap semua perangkat yang memenuhi syarat akan ditawarkan upgrade gratis ke Windows 11 pada pertengahan 2022.”

Pihak Microsoft juga mengabarkan bahwa tidak semua fitur dapat mengunduh versi tebaru Windows ini. Microsoft akan membawa aplikasi Android ke Windows 11 dalam kemitraan dengan Amazon dan Intel. Namun fitur ini tidak akan tersedia pada 5 Oktober.

Microsoft mengklarifikasi persyaratan sistem minimum untuk Windows 11. Pengguna dapat menginstal Windows 11 pada perangkat keras apa pun menggunakan metode ISO, selama PC memiliki prosesor 64-bit 1 GHz dengan dua inti atau lebih, RAM 4 GB, penyimpanan 64GB, dan chip TPM 1.2.

Jika PC yang dimiliki tidak sepenuhnya kompatibel dengan Windows 11, Microsoft masih mendukung Windows 10 hingga 14 Oktober 2025 mendatang.

Baca juga: Windows 11 sudah tersedia dalam versi beta

Baca juga: Microsoft rilis Windows 11 pada 20 Oktober?

Baca juga: Spesifikasi minimum untuk pasang Windows 11


Penerjemah: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021