Festival Film Venesia hadir lagi, dengan masker dan tes COVID-19

id Festival Film Venesia,festival film,film festival

Festival Film Venesia hadir lagi, dengan masker dan tes COVID-19

Sebuah foto kombinasi memperlihatkan sutradara Pedro Almodovar, aktor Tilda Swinton, sutradara Abel Ferrara, presiden juri Cate Blanchett, aktor Vanessa Kirby, sutradara Ann Hui, aktor Katherine Waterston, sutradara Malgorzata Szumowska, anggota juri Matt Dillon dari Amerika Serikat dan aktor Radha Mitchell, semua memakai masker pelindung sambil berpose dalam Festival Film Venesia ke-77, di Venesia, Italia. Foto diambil tanggal 2 September - 10 September 2020. ANTARA FOTO/REUTERS/Yara Nardi/Guglielmo Mangiapane/pras/cfo

Jakarta (ANTARA) - Festival Film Venesia resmi dibuka, Rabu waktu setempat, yang didatangi oleh wajah-wajah familier Hollywood di saat industri film tengah berharap bisa bebas dari krisis yang dipicu masalah kesehatan global.

Penyelenggara berharap protokol kesehatan ketat bisa menjaga agar perhelatan 11 hari dapat berlangsung secara lancar tanpa kendala. Bioskop beroperasi dengan penonton maksimal setengah kapasitas, dinding membatasi pandangan ke karpet merah untuk mencegah kerumunan berkumpul di luar tempat utama, Palazzo del Cinema, demi mendapat tanda tangan. Masker dan paspor kesehatan atau tes COVID-19 terbukti negatif jadi syarat wajib mengikuti penayangan.

"Semua orang di semua tempat ingin kembali, membuka lagi, memulai kembali, merilis film yang ditunda selama 1,5 tahun atau mungkin dua tahun," kata direktur festival Alberto Barbera kepada Reuters jelang upacara pembukaan.

Baca juga: "Becoming Led Zeppelin" akan tayang di Festival Film Venesia

Dia mengatakan sebagian besar penayangan perdana dunia yang akan tayang di festival sudah ludes, dan berjanji akan ada banyak selebritas, meski penggemar tidak bisa berdekatan dengan mereka.

"Karpet merah ini akan jadi yang salah satu paling ramai dalam beberapa tahun karena semua orang di sini.. dari Timothee Chalamet hingga Zendaya, dari Jessica Chastain hingga Matt Damon, Ben Affleck. Daftarnya sangat panjang saya tidak bisa ingat semuanya."

Sutradara Spanyol Pedro Almodovar membuka festival film tertua dunia dengan film "Parallel Mothers" yang dibintangi Penelope Cruz.

Judul-judul lain yang mengincar penghargaan Golden Lion meliputi "The Power of the Dog" hingga "Spencer" di mana Kristen Stewart jadi Putri Diana.

Paolo Sorrentino, yang menyuguhkan film personal tentang kehilangan orangtua saat ia berusia 17 tahun, adalah satu dari lima sutradara di daftar utama.

Sementara itu, Maggie Gyllenhaal memboyong film debut "The Lost Daughter", diangkat dari novel Elena Ferrante yang dibintangi Olivia Colman dan Dakota Johnson.

Film "The Last Duel" yang dibintangi Matt Damon dan Ben Affleck, juga "Dune" yang dibintangi Chalamet dan Zendaya, juga akan ditayangkan.

Sutradara Chloe Zhao "Nomadland", film yang memborong piala film terbaik, sutradara terbaik dan aktris terbaik Oscar, menjadi bagian dari juri tahun ini yang diketuai sutradara Bong Joon-ho "Parasite".

Baca juga: Cerita Timothee Chalamet perankan Paul Atreides di film "Dune"

Baca juga: Film "Dune" siap tayang di Festival Film Venesia

Baca juga: Ridley Scott akan terima penghargaan khusus di Festival Film Venesia

Pewarta : Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar